Jakarta

Netizen India ini menceritakan kepada TikTok bahwa dirinya mengalami rasisme dari seorang penjual es krim. Penjualnya tidak ingin es krimnya dibeli oleh orang India.

Tindakan rasial seringkali diterima oleh sebagian orang. Hal ini bisa terjadi kapan saja, termasuk saat membeli makanan.

Melaporkan dari Says (13/2), seorang netizen asal India membagikan kisahnya dalam video TikTok @preeyangka23. Katanya, ia mengalami tindakan rasis dari seorang penjual es krim.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Saya dan keluarga mengalami kejadian yang menyakitkan hari ini,” ujarnya dalam video yang dibagikan warganet bernama Priyanka.

“Penjual es krim (menunjuk ke belakang) tidak mau menjual es krimnya kepada kami, karena kami orang India,” lanjut Priyanka.

Penjual es krim rasis terhadap orang IndiaPenjual es krim rasis terhadap orang India Foto: TikTok @preeyangka23

Priyanka menjelaskan, bibinya ingin membeli es krim, namun ditolak. Setelah ditanya kenapa penjual tidak memberinya es krim, karena dia bertengkar dengan sekelompok orang India yang mabuk.

Penjual es krim itu pun memberitahukan laporan polisi yang dibuatnya dan ditempelkan di gerobak es krim miliknya. Itu sebabnya dia tidak menjual es krim ke orang India, kata Priyanka.

Priyanka menjelaskan ingin membelikan es krim untuk si kecil. Namun, penjualnya tetap bersikukuh tidak akan menjual es krimnya ke orang India.

“Laki-laki (penjual es krim) itu ngotot. Kami tidak bisa memberikan es krim untuk anak-anak,” ujarnya.

Saat itu, ada seorang pria Melayu di dekatnya yang mendengar percakapan mereka. Pada akhirnya laki-laki itulah yang membantunya membelikan es krim untuk keponakannya.

Penjual es krim rasis terhadap orang IndiaPenjual es krim rasis terhadap orang India Foto: TikTok @preeyangka23

Priyanka pun mengklarifikasi dalam videonya bahwa ia mengunggah hal tersebut bukan untuk menghasut banyak orang. Namun, untuk meningkatkan kesadaran dan mengajarkan masyarakat untuk tidak membuat stereotip terhadap orang lain berdasarkan ras.

“Sangat menyedihkan bahwa kita masih memiliki stereotip seperti ini saat ini. Hanya karena sebagian orang India tidak bertanggung jawab, sebagian lainnya harus menanggung akibatnya,” pungkas Priynka.

Video tersebut viral di TikTok, hingga kini sudah ditonton lebih dari 150 ribu kali. Banyak juga netizen yang bersimpati padanya, karena ia mengalami diskriminasi.

Menonton video “Cicipi Es Krim Zangrandi yang Legendaris di Panglima Polim
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *