Jakarta

Makanan berbau menyengat seringkali mengganggu sebagian orang. Namun tak jarang masyarakat menyukai makanan ini. Seperti durian hingga natto.

Makanan yang dianggap enak biasanya memiliki aroma yang harum dan nikmat. Sayangnya, hal ini tidak berlaku pada makanan di beberapa negara, karena aromanya yang kuat.

Dilansir dari Restaurant Clicks dan sumber lainnya, beberapa negara memiliki makanan yang terkenal dengan aroma pedasnya. Yang paling populer adalah durian, petai, jengkol, natto, dan hongeo.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut 9 makanan dengan bau paling menyengat di dunia:

1. Durian

Potong durian yang sudah matangFoto durian: detikcom

Durian merupakan buah yang terkenal dengan aromanya yang menyengat. Bagi sebagian orang, aroma yang menyengat ini disebut harum, namun banyak juga yang tidak menyukainya karena membuat mual.

Di Indonesia, durian sangat populer. Varietas unggul yang paling banyak digemari adalah durian bawor, petruk, durian medan, dan lain-lain.

2. Jika

Petai merupakan salah satu jenis kacang tanah yang populer di Indonesia. Biasanya petai dinikmati sebagai lauk atau lauk pauk.

Aroma petai juga kuat, bahkan membuat mulut berbau tidak sedap. Bagi yang menyukainya, petai merupakan salah satu makanan yang paling enak, apalagi jika disantap dengan sambal.

3. Membungkuk

Meski aromanya menyengat, namun penggemar jengkol banyak. Jengkol memiliki tekstur seperti kentang, namun lebih lengket.

Di Indonesia, jengkol sering diolah dengan rebusan, rendang, atau sekadar digoreng dan dinikmati dengan sambal. Aroma jengkol yang menyengat tak hanya menempel di mulut, tapi juga bikin pipis.

4. Natto

nattonatto Foto: Getty Images/iStockphoto/KPS

Salah satu makanan fermentasi paling populer di Jepang adalah natto. Natto merupakan makanan yang difermentasi dari kacang kedelai dan bakteri Bacillus subtilis.

Proses fermentasi natto menghasilkan cairan yang lengket dan berlendir. Selain teksturnya yang lengket, aroma nattonya juga kuat.

Di Jepang, natto bisa dimakan sendiri. Namun banyak juga yang menyantapnya dengan nasi panas untuk menu sarapan sehat.

Menonton video “Ternyata inilah tantangan terbesar Sisca Soewitomo dalam meniti karir di dunia kuliner.
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *