Jakarta

Flu mengganggu kehidupan sehari-hari, terutama menyebabkan pilek. Untuk mengatasinya, praktikkan 11 minuman dan makanan pengurang masuk angin ini.

Banyak masyarakat Indonesia yang menderita pilek, terutama saat perubahan cuaca tidak menentu. Flu menyerang saluran pernafasan bagian atas dan disebabkan oleh paparan virus.

Umumnya flu bisa membaik dengan sendirinya. Yang terpenting adalah istirahat yang cukup, makan makanan dan minuman bergizi, serta minum vitamin bila perlu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun, dalam beberapa kasus, flu juga tidak kunjung sembuh. Selain memeriksakan diri ke dokter, cobalah untuk memulihkan diri dengan mengonsumsi makanan dan minuman pereda pilek berikut ini:

1. Kaldu

Pada dasarnya tubuh akan membutuhkan banyak cairan ketika menderita flu.

Kuah adalah pilihan yang tepat saat Anda sedang pilek. Selain kaya nutrisi, rasa kuahnya yang hangat atau panas juga bisa melegakan tenggorokan.

Mengutip Everyday Health, cairan hangat diyakini bekerja lebih baik dibandingkan cairan dingin dalam mengurangi gejala flu.

Anda bisa mencoba kaldu ayam, sayur, atau tulang.

2. Sup ayam

Resep Sop Bunga Tahu AyamFoto: Detikfood

Untuk menambah banyak manfaatnya, Anda juga bisa mengonsumsi sop ayam yang juga terbuat dari kuahnya.

Penelitian menemukan bahwa bahan-bahan dalam sup ayam dapat mengurangi peradangan dan mendukung sistem kekebalan tubuh saat melawan penyakit.

Buatlah sop ayam yang mengandung nutrisi lengkap seperti sumber protein, sayuran non-tepung, dan karbohidrat.

3. Bawang putih

Bawang putih sering digunakan dalam konsep pengobatan kuno. Kini, beberapa penelitian menunjukkan manfaat bawang putih dalam membantu melawan flu.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa mengonsumsi suplemen berbahan bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan gejala flu.

4. Jeruk

Besar!  Satu Mandarin Orange Mikan Dijual Rp 14,2 Juta di JepangFoto: iStock

Jeruk dan sumber vitamin C lainnya bisa menjadi makanan terbaik saat Anda sedang pilek.

Vitamin C merupakan senyawa antioksidan kuat yang berperan penting dalam melawan infeksi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi keparahan dan durasi flu.

Selain jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi jeruk bali, kiwi, brokoli, stroberi, tomat, dan melon.

5. Kangkung

Kangkung dan sayuran berdaun hijau lainnya juga menawarkan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain kangkung, bayam juga bisa Anda jadikan makanan untuk meredakan gejala flu.

Selain vitamin C, kangkung dan bayam juga diketahui mengandung zat besi. Studi menunjukkan bahwa zat besi juga berperan penting dalam produksi sel kekebalan, terutama sel darah putih, yang membantu melawan infeksi.

Minuman dan makanan penghilang rasa dingin ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *