Jakarta

Kopitiam kini semakin populer. Di kawasan Tebet terdapat kopitiam modern yang menyajikan lezatnya ayam tangkapan, teh tarik, dan mie Penang.

Kopitiam atau kedai kopi bergaya tradisional kini sedang populer. Banyak kopitiam di Aceh, Medan, dan Melayu mulai memenuhi sudut-sudut ibu kota dan menjadi tujuan nongkrong anak muda.

Menu makanan yang berfokus pada masakan tradisional lokal juga tak kalah populernya. Beberapa kopitiam bahkan menyajikan makanan ala Melayu yang disukai pelanggan di negeri ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Salah satu kopitiam yang viral di media sosial ada di kawasan Tebet. Bernama Dandia Coffee and Eats, kedai ini berkonsep kopitiam kekinian yang menyajikan masakan Indonesia dari negara tetangga.

Menurut seorang karyawan yang ditemui detikfood saat mengunjungi Dandia Kopitiam (6/2), kedai ini sudah beroperasi selama 5 tahun. Berikut pilihan menu kopitiam kekinian dan rasanya.

Detail Informasi
Nama Restoran Kopi & Makan Dandia
Alamat Jl. Dr. Saharjo No 107D, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.
Tidak ada Telp 0812-1111-8553
Jam operasional Senin – Minggu, pukul 00.00 – 24.00
Perkiraan harga Rp 25.000 – Rp 65.000
Jenis Masakan Melayu, Barat
Kenyamanan
  • Makan di rumah
  • Bawa kembali
  • Area parkir
  • Area merokok
  • Internet,
  • dll.
Dandia KopitiamDi dalam kopitiam kontemporer ini dilengkapi dengan dekorasi interior bergaya Melayu kontemporer. Foto: tim detikfood

Interior Melayu Kontemporer

Jika biasanya kopitiam identik dengan ruang terbuka yang ramai, lain halnya dengan Dandia. Dandia beroperasi di ruko 2 lantai dengan AC di semua ruangan.

Motif pada meja hingga sentuhan etnik pada kursi dan dinding menambah kesan budaya Melayu pada kopitiam. Kopitiam ini sebenarnya sudah beroperasi sejak 5 tahun lalu.

Hanya saja renovasi dan penataannya membuat Dandia tampil lebih kekinian. Terdapat dua ruang makan terpisah, di dalam area bebas rokok dan di dalam area merokok. Dandia juga menyediakan WiFi untuk pengunjungnya sehingga pelanggan bisa nyaman bekerja dari kafe di sini.

Nasi Ayam Tangkap Sambal Merah

Dandia KopitiamHidangan utama dari santapan berat ini adalah ayam tangkapan berbumbu yang lezat. Foto: tim detikfood

Dalam buku menu, beragam menu ditawarkan di sini, mulai dari sentuhan menu tradisional hingga menu western. Namun kami tertarik dengan nasi ayam hasil tangkapan yang juga disajikan di Dandia Coffee and Eats.

Seporsi Nasi Ayam Tangkap di sini berharga Rp 45.000 dan berisi nasi putih, potongan ayam yang dibumbui daun pandan dan daun jeruk purut, ubi tumbuk, serta sambal yang berbeda dari biasanya. Potongan ayam berukuran besar dengan rasa bumbu yang enak dan daging yang empuk.

Namun ada perbedaan dengan ayam hasil tangkapan yang disajikan di tempat lain. Di sini, nasi ayam tangkapan disajikan dengan sambal merah yang menyerupai sambal ganja namun tidak menggunakan udang dalam campurannya.

Sayuran ubi jalar dihaluskan menggunakan daun singkong dan ikan teri. Kuahnya berwarna putih susu dari campuran santan dengan konsistensi cair. Rasanya lembut dan nikmat serta tidak terasa berat seperti menyantap kuah kari dengan santan kental.

Ada mie Penang segar dan Teh Tarik di halaman berikutnya.

Menonton video “Menjadi gila! Tempat makan murah di Gading Serpong yang punya aneka sayur enak
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *