Jakarta

Bisnis kedai kopi tradisional atau kopitiam cukup menjanjikan di Malaysia. Seperti pemilik kopitiam ini yang omzetnya mencapai miliaran rupiah setahun.

Kopitiam telah menjadi budaya kuliner yang lekat dengan Asia Tenggara. Tidak hanya di Singapura, Indonesia, dan Thailand, negara seperti Malaysia sudah lama terkenal dengan ragam kopitiamnya.

Kopitiam enak di Malaysia tidak hanya terdapat di Kuala Lumpur, tapi juga di kota lain seperti Ipoh. Dilansir WOB (16/02), baru-baru ini seorang pemilik kopitiam ternama di Ipoh membeberkan penghasilannya dalam setahun.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pria bernama Thomas ini mengelola Classic Mealody Kopitiam. Sepanjang tahun 2023, Thomas berhasil meningkatkan penjualan hingga pendapatan kopinya mencapai RM 1,3 juta (Rp 4,2 miliar).

Pemilik Kopitiam di Malaysia Ini Raih Pendapatan Rp 4,2 Miliar Per TahunPemilik Kopitiam di Malaysia Ini Raih Pendapatan Rp 4,2 Miliar Setahun Foto: Berita Laman

Thomas bercerita, rata-rata pendapatan bulanan kopitiamnya berkisar RM 103,992 – RM 123,082 (Rp 340 juta – Rp 402,8 juta).

Thomas tak lupa berbagi rahasia yang membuat kopitiamnya terus berkembang dan banyak dikunjungi pembeli.

“Pembeli di Ipoh sangat memperhatikan kualitas makanan, bukan harga,” kata Thomas. Demi menjaga kepercayaan pelanggan terhadap kopitiamnya, Thomas terus turun ke lapangan untuk mengecek bahan makanan seperti telur, kopi, dan susu untuk memastikan semuanya segar.

Dia tidak akan menyajikan makanan apa pun yang tidak memenuhi kriterianya kepada pembeli. Dia juga akan mengembalikan bahan makanan ke pemasok.

“Saya menetapkan standar tinggi untuk bahan-bahannya, jadi saya mengatur semuanya. Saya percaya melayani pelanggan secara tertulis adalah hal yang paling penting,” lanjut Thomas.

Pemilik Kopitiam di Malaysia Ini Raih Pendapatan Rp 4,2 Miliar Per TahunPemilik Kopitiam di Malaysia Ini Raih Pendapatan Rp 4,2 Miliar Setahun Foto: Berita Laman

Selain itu, Thomas juga menyadari sebagian besar warga di Ipoh paham tentang memasak. Mereka tidak peduli dengan harga makanan, selama makanan dan minuman yang disajikan sesuai dengan seleranya, mereka pasti akan membayarnya.

“Saya tidak pernah menurunkan standar saya. Maksud saya, kita bisa mengembangkan bisnis di kota Ipoh. Tidak hanya di Kuala Lumpur atau Singapura,” lanjut Thomas.

Thomas sendiri telah mengelola Classic Mealody Kopitiam selama lebih dari dua tahun. Sebelum membuka kopitiam di Iphoh, Thomas lama tinggal di Kuala Lumpur sebelum memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

Pemilik Kopitiam di Malaysia Ini Raih Pendapatan Rp 4,2 Miliar Per TahunPemilik Kopitiam di Malaysia Ini Raih Pendapatan Rp 4,2 Miliar Setahun Foto: Berita Laman

Di Malaysia dan Singapura, bisnis kopitiam merupakan bisnis yang menjanjikan. Baru-baru ini ada kopitiam di Singapura yang berlokasi di 848 Yishun Street 81 yang baru dibeli seharga SGD 40 juta (Rp 464 miliar). Kopitiam yang tidak disebutkan namanya ini telah beroperasi di gedung tersebut selama 78 tahun.

Baca Juga: Wah! “Kopitiam di Singapura Ini Dijual dengan Harga Rp 464 Miliar” selengkapnya

Menonton video “Kopitiam Gaya Medan Menyajikan Sarapan Tradisional Murah dan Murah
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *