Jakarta

Kadar gula darah perlu dikontrol untuk mencegah diabetes. 5 minuman penurun gula darah secara alami ini bisa Anda konsumsi.

Setiap orang perlu menjaga kadar gula darahnya tetap stabil. Sebab jika terlalu tinggi dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk diabetes.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga asupan makanan dan minuman. Makanan dan minuman tertentu dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut beberapa minuman yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara alami seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mineral udara

Ilustrasi air minumFoto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Minuman penurun gula darah yang pertama adalah air mineral. Air bekerja dengan membantu ginjal membuang kelebihan gula dari darah.

Mengutip Eat This Not That, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa orang yang kurang minum air putih berisiko mengalami kadar gula darah tinggi.

2. Teh kamomil

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa orang yang minum teh kamomil tiga kali sehari selama delapan minggu berturut-turut memiliki kontrol gula darah yang baik. Perlu diketahui bahwa teh diminum tanpa pemanis.

3. Kopi

Minum kopi hitam di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badanFoto: Ilustrasi iStock

Minum 1-2 cangkir kopi sehari dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Namun efeknya akan maksimal jika kopi diminum tanpa gula.

Penelitian menemukan bahwa senyawa antioksidan yang ditemukan dalam kopi dapat membantu melawan peradangan dan stres oksidatif.

4. Teh hijau

Teh hijau kaya akan senyawa antioksidan yang disebut polifenol. Artinya teh hijau juga memiliki kemampuan membantu mengontrol kadar gula darah.

Mengutip Mind Body Green, senyawa antioksidan pada teh hijau mampu mengurangi peradangan pada tubuh. Kondisi ini dapat membantu melawan resistensi insulin.

5. Jus sayur

Jus buah dan sayuranFoto: Istock

Anda juga bisa menggunakan jus sayur sebagai minuman untuk menurunkan gula darah. Cobalah mengganti buah-buahan dengan sayuran untuk minuman jus harian Anda.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti seledri, mentimun, atau sayuran berdaun hijau lainnya.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul “5 Minuman Ini Ampuh Menurunkan Gula Darah”

(adr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *