Jakarta

Jus buah dan air kelapa merupakan pilihan minuman sehat yang baik untuk tubuh. Selain kaya nutrisi, kedua minuman ini juga membantu tubuh tetap terhidrasi.

Konsumsi minuman sehat sudah menjadi tren di masyarakat. Banyak orang yang mulai sadar akan kesehatan fisiknya, sehingga mulai mengurangi minuman seperti kopi, soda, dan teh kemasan, serta beralih ke jus buah segar atau air kelapa.

Namun, antara jus buah segar dan air kelapa, manakah yang lebih sehat untuk tubuh? Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Jus Buah Segar atau Air Kelapa?

Faktanya, baik jus buah maupun air kelapa sama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan. Tapi, jika ditanya mana yang lebih sehat di antara keduanya, semua tergantung kondisi dan kondisi tubuh seseorang.

Dilansir situs Times of India, berikut penjelasannya.

1. Kandungan Gizi

Jika dibandingkan dari segi kandungan nutrisinya, air kelapa mengandung elektrolit, mineral, dan vitamin. Selain itu, gula juga terdapat pada air kelapa, namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan pada jus buah.

Air kelapa mengandung potasium yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang rutin berolahraga. Sebab air kelapa mampu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Sedangkan jus buah mengandung berbagai macam vitamin, tergantung buah yang dikonsumsi. Secara umum jus buah mengandung vitamin A, B, C, dan E. Jus buah juga kaya akan antioksidan dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

2. Kandungan kalori

Dari segi kalori, air kelapa jauh lebih rendah dibandingkan jus buah. Jumlah kalori dalam air kelapa sekitar 60% lebih sedikit.

Misalnya saja dalam 100 gram jus apel terdapat 46 kalori. Sedangkan air kelapa dengan jumlah kalori yang sama hanya memiliki sekitar 18,4 kalori.

Jika Anda sedang menjalani program diet, disarankan untuk rutin mengonsumsi air kelapa sebagai pengganti jus buah. Meski begitu, bukan berarti dilarang mengonsumsi jus buah, cukup pilih buah-buahan segar dan jangan menggunakan gula terlalu banyak.

3. Kandungan Gula

Tak hanya kalori, air kelapa juga lebih rendah gula dibandingkan jus buah. Soalnya, jus buah yang terbuat dari potongan buah manis dan segar secara alami sudah mengandung gula di dalamnya.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak mencampurkan terlalu banyak gula ke dalam jus buah, apalagi menggunakan susu kental manis. Sebab, manfaat jus buah segar dikhawatirkan akan berkurang.

4. Kandungan Serat

Dari segi kandungan serat, jus buah memiliki serat lebih banyak dibandingkan air kelapa. Artinya buah-buahan baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama bagi Anda yang sulit buang air besar.

Mengonsumsi jus buah segar juga bermanfaat bagi para pelaku diet karena dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar.

Waktu yang Tepat Minum Jus Buah dan Air Kelapa

Baik jus buah segar maupun air kelapa sama-sama memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air kelapa dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit serta rendah gula dan kalori, sedangkan jus buah mengandung banyak vitamin dan kaya antioksidan.

Lantas, perlukah rutin mengonsumsi air kelapa dan jus buah setiap hari? Jawabannya sebenarnya tidak. Air kelapa bisa menjadi pilihan terbaik saat Anda mengalami dehidrasi, merasa mual, mengalami gangguan pencernaan, atau bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Sedangkan jus buah baik dikonsumsi saat Anda kekurangan vitamin, sedang lemah, ingin menjaga kesehatan kulit, dan memberikan energi ekstra pada tubuh.

Namun, Anda perlu diingatkan kembali untuk mengonsumsi jus buah segar dibandingkan jus buah kemasan. Selain mengandung bahan pengawet, jus buah kemasan juga tinggi gula dan rendah nutrisi sehingga tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi terus menerus.

Itulah penjelasan setiap kebaikan jus buah segar dan air kelapa. Jadi, sama-sama tetap sehat dan baik untuk tubuh, kok!

(ilf/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *