Jakarta

Mahalnya biaya hidup di Singapura membuat semua makanan di sana mahal. Salah satunya harga rujak yang mencapai Rp 220 ribu!

Singapura masih menempati peringkat pertama negara dengan biaya hidup termahal di Asia Tenggara. Negara ini tidak hanya mahal dari segi properti, tapi makanan yang dijual juga mahal.

Bahkan, harga rujak di Singapura mencapai SGD 19 (Rp 220.000) untuk satu bagiannya. Jenis rujak yang disajikan berbeda dengan rujak yang ada di Indonesia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Singapura memiliki rujak yang dikenal dengan nama Rojak India. Isiannya terdiri dari kentang rebus, bakwan udang, telur rebus, tauge, juhi, tahu goreng, dan timun. Sausnya berwarna coklat tua dengan campuran kacang tanah yang dihancurkan. Biasanya dijual di pedagang kaki lima, mobil atau motor. Setiap penjual memiliki campuran gaya dan harga yang berbeda.

Baru-baru ini, seorang pengguna Facebook asal Singapura bernama Sirbutdork (16/02) mengeluh usai jajan rujak di Tampines Street 32. Ia kaget melihat porsi rujak yang dipesannya ternyata berharga SGD 19. Ia pun menuliskan kekesalannya di website tersebut. . Keluhan akun Singapura.

Duh!  Pembeli ini kaget membayar Rp 220 ribu untuk Rujak di SingapuraDuh! Pembeli Ini Kaget Bayar Rujak Rp 220 Ribu di Singapura Foto: Berita Laman

“Rujak ini terdiri dari delapan potong makanan, tapi tidak ada satupun yang berbahan daging,” keluhnya.

Dalam foto rujak yang diunggahnya, terlihat irisan timun, potongan bakwan udang, dan dua buah kuah kecil. Selain bakwan udang, dia tidak memilih makanan gorengan atau makanan mahal lainnya.

“Ini makanan termahal yang pernah saya makan di kedai kopi. Mungkin ini harga yang saya bayar untuk menjadi orang Singapura,” keluhnya.

Banyak pula yang mengomentari harga rujak yang cukup mahal bahkan untuk kisaran harga di Singapura.

“Kebanyakan penjual rujak di India tidak pernah memberi tahu kami harga gorengannya. Jadi kami terkejut saat membayar harga rujak tersebut,” komentar Ross**.

“Di Singapura, saya tidak pernah mau beli nasi Padang di food court, begitu juga dengan Rojak India. Karena mereka selalu mencungkil harga kami. Apalagi kalau kami pesan Rojak India, mereka menipu kami karena gorengannya kebanyakan dari tepung, “saran Tim**.

Duh!  Pembeli ini kaget membayar Rp 220 ribu untuk Rujak di SingapuraDuh! Pembeli Ini Kaget Bayar Rujak Rp 220 Ribu di Singapura Foto: Berita Laman

“Rojak India sekarang ini mahal banget. Harusnya semua penjual makanan di pusat jajanan wajib mencantumkan harga setiap makanan termasuk Rojak India,” pungkas warganet.

Ini bukan pertama kalinya warga Singapura mengeluhkan tingginya harga pangan. Sebelumnya, banyak warga Singapura yang mengeluhkan harga mie goreng, sup, bahkan nasi.

Baca Juga: Warga Singapura Keluhkan Harga Pangan Mahal, Kentang Goreng Rp 86 Ribu!” penuh

Menonton video “Bikin Lapar: Coba Rujak Yu Sing Khas Riau
[Gambas:Video 20detik]
(isak/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *