Jakarta

Ibu hamil diketahui perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Pilihan menu smoothie juga banyak direkomendasikan. Berikut aturannya menurut ahli gizi.

Smoothie merupakan salah satu jenis minuman sehat yang mengandung berbagai nutrisi. Biasanya terbuat dari sayuran dan buah-buahan segar yang bisa dipadukan dengan susu atau kacang-kacangan.

Minuman segar dan pekat ini sering dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Mengurangi asupan kalori dan memperbanyak asupan makanan sehat berupa buah dan sayur segar.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Laporan dari Express (5/2), smoothies juga disebut-sebut bisa menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi para ibu selama hamil. Menurut Kristin Brown, ahli diet prenatal, smoothies ini bisa mengandung banyak nutrisi dalam satu porsi.

Smoothie baik untuk diminum ibu hamilSmoothie sangat baik untuk diminum oleh ibu hamil.Foto: Getty Images/iStockphoto

Asalkan smoothie memiliki campuran karbohidrat, lemak, dan protein yang seimbang. Semua pengukuran harus seimbang, jangan terlalu banyak salah satunya.

Menurut Brown, ibu hamil bisa memadukan protein, lemak, serat, antioksidan, sayur, dan cairan. Ini termasuk bubuk protein, alpukat, biji chia, beri, sayuran hijau, dan susu almond.

Dr Shobha Gupta juga mempunyai pandangan serupa. “Mereka (ibu hamil) bisa memasukkan aneka buah-buahan, sayuran, dan susu sapi atau produk nabati, untuk memberikan nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, dan serat,” jelasnya.

Untuk meningkatkan asupan protein, Anda dapat menambahkan yogurt Yunani, selai kacang, atau suplemen protein yang direkomendasikan oleh ahli gizi klinis ke dalam smoothie Anda. Bahan-bahan ini menambah asupan bagi ibu hamil.

“Protein sangat penting untuk perkembangan organ, otot, dan jaringan bayi,” kata Arti Singh, ahli diet.

Susu sapi atau susu nabati juga bisa ditambahkan ke dalam smoothie. Hal ini dapat menjamin kecukupan asupan kalsium bagi ibu hamil. Kalsium ini sangat penting untuk perkembangan tulang bayi dan juga ibu. Namun, untuk memastikan bahan tersebut aman untuk kehamilan, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Menonton video “Puaskan diri Anda dengan Pizza Gaya Amerika: Remah Tebal, Banyak Keju
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *