Jakarta

Yoghurt dengan rasa asam yang menyegarkan menjadi sajian favorit anak-anak hingga orang dewasa. Yogurt juga kaya akan nutrisi, misalnya protein, kalsium, vitamin B kompleks, fosfor, kalium, dan magnesium.

Minuman yogurt yang terbuat dari fermentasi bakteri pada susu ini memiliki banyak manfaat. Khasiatnya akan lebih terasa jika dimakan setiap hari. Apa manfaat kesehatan dari yogurt?

12 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan

Yogurt adalah sumber kalsium yang sangat baik. Satu cangkir menyediakan 30% dari asupan harian yang direkomendasikan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Melancarkan Pencernaan

Yogurt dapat memberikan efek baik pada sistem pencernaan. Mengonsumsi yogurt setiap hari dapat menjaga pergerakan usus tetap teratur. Mengutip PharmEasy, yogurt akan membunuh bakteri berbahaya di usus dan membuat sistem pencernaan lebih sehat.

Selain itu, yogurt juga terbukti efektif mengatasi intoleransi laktosa, sembelit, penyakit radang usus, dan infeksi akibat bakteri Helicobacter pylori.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Jika dikonsumsi secara rutin, yogurt dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari berbagai infeksi. Yogurt efektif melawan infeksi saluran cerna, masalah pernafasan seperti flu, dan kanker.

Menurut Healthline, kandungan probiotik ini berpotensi mengurangi peradangan yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan seperti infeksi virus dan gangguan usus. Sifat meningkatkan kekebalan tubuh pada yogurt juga berkat kandungan magnesium, selenium, vitamin D, dan sengnya.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Nutrisi yang terkandung dalam yogurt seperti kalsium dan vitamin D berperan besar dalam mencegah osteoporosis dan masalah terkait lainnya. Mengutip Luxofood, yogurt juga mengandung protein, potasium, dan fosfor. Sehingga meminumnya secara rutin akan bermanfaat untuk menjaga massa dan kekuatan tulang.

Kandungan protein dan lemak sehatnya menjadikan yogurt sebagai camilan yang mengenyangkan. Menurut penelitian, mengonsumsi yogurt berprotein tinggi sebagai camilan di sore hari dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang.

Menurut ulasan, konsumsi produk susu berlemak penuh seperti yogurt dapat menurunkan obesitas. Ada juga penelitian yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi yogurt secara keseluruhan makan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi pada yogurt lebih tinggi dibandingkan kalorinya.

5. Mengurangi resiko penyakit jantung

Konsumsi yogurt juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin susu fermentasi seperti yogurt dalam dua porsi per minggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan tekanan darah.

Para ahli percaya bahwa potasium dalam yogurt mampu membuang kelebihan natrium dalam tubuh. Jadi, hal ini bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan dalam jangka panjang.

6. Mengatur Kadar Gula Darah

Yoghurt tanpa pemanis yang diminum secara rutin dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini sangat baik bagi penderita diabetes melitus tipe 2.

Kandungan bakteri asam laktat dapat mempengaruhi mikrobiota usus dan berperan dalam mengurangi variabilitas glikemik. Ini dapat membantu perubahan dramatis pada kadar gula seseorang.

Selain itu, menurut penelitian, konsumsi yogurt dan pola makan sehat dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Efek ini dapat terjadi pada orang dewasa sehat dan lansia yang memiliki risiko kardiovaskular tinggi.

7. Mengurangi Depresi

Yogurt mungkin juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Kandungan probiotik membantu mengurangi kecemasan dan stres. Ini membantu orang yang depresi merasa lebih baik.

8. Mengurangi Peradangan

Konsumsi yogurt setiap hari dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Peradangan sendiri bertanggung jawab atas sebagian besar penyakit autoimun, diabetes, kanker, dan radang sendi.

9. Mengurangi risiko kanker

Yogurt memiliki sifat antikarsinogenik yang diketahui dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar, kandung kemih, dan payudara. Hal ini juga telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

10. Sumber Protein Alternatif

Yogurt sangat tinggi proteinnya, mencapai 12 gram per 227 porsi. Protein berperan dalam membantu metabolisme dengan meningkatkan penggunaan energi atau kalori yang dibakar sepanjang hari.

Protein yang cukup juga penting untuk mengendalikan nafsu makan. Asupan protein meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. Alhasil, tubuh lebih mudah mengurangi konsumsi kalori dan memilih makanan yang baik untuk menjaga berat badan.

11. Mengandung probiotik

Beberapa jenis yogurt mengandung probiotik, yang sudah ada atau ditambahkan dengan sengaja. Probiotik merupakan mikroorganisme pada ragi atau makanan lain yang dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Fungsi lainnya adalah memulihkan flora usus.

Beberapa jenis probiotik yang terkandung dalam yogurt adalah bifidobacteria dan Lactobacillus. Keduanya mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh Irritable Bowel Syndrome (IBS).

12. Kaya nutrisi

Yogurt mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya saja kalsium yang sangat penting untuk kesehatan gigi dan tulang. Mengonsumsi secangkir yogurt sudah mencukupi 49 persen kebutuhan kalsium harian tubuh.

Nutrisi lain dalam yogurt adalah vitamin B12 dan riboflavin yang mencegah gangguan jantung dan Neural Tube Defect (NTD) pada bayi baru lahir. Contoh NTD yang paling umum adalah spinabifida dan anencephaly.

Anda bisa membeli yogurt yang Anda makan atau membuatnya sendiri di rumah. Pastikan yogurt tidak mengandung terlalu banyak gula atau bahan tambahan lainnya yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Menonton video “3 Daerah dengan Konsumsi Telur-Susu Harian Tertinggi dan Terendah
[Gambas:Video 20detik]
(garis/garis)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *