Jakarta

Saat ditemui pedagang UKM makanan, Presiden Joko Widodo belum mengetahui makanan yang ditawarkan penjual tersebut. Mulai dari seblak hingga boci.

Belum lama ini, pernyataan cuek dan malas Presiden Joko Widodo viral di media sosial. Hal itu terjadi dalam pertemuan dengan klien program Membangun Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Ibu Negara Sipil (PNM).

Dalam pertemuan yang digelar di Lapangan Pusat Pelayanan Umum Cilinggang, Kota Tangsel, Senin (19/2/2024), Presiden Joko Widodo berbincang dengan para penjual seblak dan boci.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun Presiden bertanya-tanya apa itu seblak dan boci. Selama ini jajanan berbahan dasar tepung beras atau singkong berasal dari Jawa Barat.

Terlalu banyak istilah terkadang membingungkan orang. Biar gak salah, berikut penjelasannya!

1. Jelas

Seblak Teh Betty menyajikan cebrek ala Rafael dengan bumbu yang nikmatSeblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dengan berbagai macam bumbu. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dengan berbagai macam bumbu. Salah satu bumbu yang digunakan adalah lengkuas agar aroma dan rasanya kuat.

Seblak juga identik dengan rasanya yang pedas. Selain kerupuk rebus, juga dilengkapi dengan bahan lain mulai dari siomay, kuku, telur, bakso, dan lain-lain.

Tak hanya kuah, ada juga seblak yang dimasak tanpa kuah seperti seblak Rafael yang belakangan ini semakin populer. Kerupuk rebus disajikan dengan sambal hijau dan lengkuas.

2. Botol

Ditanya Presiden Jokowi, ini Seblak dan Boci Jawa BaratBoci merupakan kependekan dari 'baso aci'. Foto: Instagram/iStock

Boci merupakan kependekan dari 'baso aci'. Bakso batang ini terbuat dari tepung kanji atau campuran tepung tapioka, bukan dari tepung dan daging.

Bakso batangnya kemudian disajikan dengan kuah yang nikmat dengan rasa asam segar yang dominan. Baso aci juga identik dengan penambahan sambal untuk membuat sambal merah.

Bakso batangnya kemudian dipadukan dengan berbagai topping. Mulai dari ceker, tulang rangu, gunting, cuanki lidah, siomay, dan lain-lain.

Menonton video “Viralnya Toko Seblak Mama Zafran Ternyata Berawal dari Toko Kelontong
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *