Jakarta

Seorang wanita berbagi pengalaman pertamanya mencoba makanan khas Laos. Makanannya unik, berupa larva lebah panggang. Inilah reaksinya!

Setiap negara mempunyai masakan tradisionalnya masing-masing. Sajian kuliner yang satu ini belum tentu disukai oleh masyarakat negara lain. Selain itu, ada beberapa negara yang masakan tradisionalnya terbuat dari bahan-bahan unik.

Namun, sejumlah kecil orang dari negara lain juga mempunyai preferensi rasa yang unik. Mereka mencari makanan yang berbeda dan terkadang tidak lazim, untuk memuaskan keingintahuan kuliner mereka.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Eksplorasi kuliner ini biasanya banyak dilakukan oleh para food blogger. Mereka sengaja mampir ke suatu negara tertentu dan mencoba makanan khas disana. Jangan lupa dokumentasikan petualangan gastronomi Anda, seperti yang dilakukan food blogger ini.

Dalam unggahan akun Instagram @kissaeats_, seorang food blogger bernama Kissa memperlihatkan pengalaman memasaknya di Laos. Ia berhenti di tempat yang tampak seperti pasar lokal, lalu mencicipi salah satu kuliner yang nikmat di sana.

Berdasarkan video tersebut, food blogger ini bertemu dengan seorang pedagang pasar setempat yang sedang mempersiapkan penjualannya. Namun, makanan yang dijual terlihat luar biasa.

Nampaknya penjual di pasar sedang menyiapkan potongan sarang lebah. Lalu celupkan ke dalam air berwarna gelap, lalu bungkus dengan daun pisang. Setelah membungkusnya, dia mulai memanggangnya.

Hidangan ini terlihat mudah. Namun sebenarnya bahan-bahannya cukup mengejutkan. Penjual tiba-tiba muncul mengeluarkan larva kecil dari sarang lebah. Rupanya larva tersebut adalah larva lebah, lapor news18.com (19/02).

Food blogger ini memesan sepiring larva lebah bakar. Ketika pesanannya sudah siap, dia langsung mencobanya.

Larva Lebah Madu Panggang, Makanan Unik dan Eksotis di LaosTuris ini memesan larva lebah madu panggang di pasar lokal di Laos. Foto: Instagram @kissaeats_

Postingan video tersebut juga diberi keterangan, “Hati lebah madu panggang. Ini terkenal di Laos. Sudahkah Anda mencobanya?”

Pada gigitan pertama, Kissa tampak menikmatinya. Bagian dalam larva lebah panggang disorot dan banyak larva terlihat menumpuk di sana.

Food blogger ini kemudian mengambil seekor ulat dan memasukkannya ke dalam mulutnya tanpa rasa malu. Mungkin makanan ini terdengar aneh dan menggelikan, tapi sepertinya dia menyukainya.

Larva Lebah Madu Panggang, Makanan Unik dan Eksotis di LaosSeperti inilah bagian dalam masakan Laos ini. Foto: Instagram @kissaeats_

Dia tidak berhenti mengangguk dan tersenyum. Food blogger itu pun mengacungkan jempol sebagai tanda cintanya.

Unggahan video ini menarik perhatian banyak netizen di Instagram. Mendapat 15 juta views dan memicu berbagai reaksi.

Larva Lebah Madu Panggang, Makanan Unik dan Eksotis di LaosWanita ini mengacungkan jempol usai mencicipi masakan Laos ini. Foto: Instagram @kissaeats_

Beberapa netizen mengungkapkan kekhawatirannya mengenai dampak konsumsi larva lebah terhadap populasi lebah itu sendiri.

Seorang netizen yang tidak menyukai makanan yang terbuat dari larva lebah berkomentar, “Pantas saja populasi lebah semakin berkurang. Apakah tidak ada cukup jenis makanan lain untuk memuaskan kerakusanmu?”

“Saya pikir itu sarang lebah. Tapi bukan, itu bayi larva,” kata seorang warganet prihatin.

Netizen lainnya berkomentar, “Manusia tidak boleh memakan serangga.”

Selain banyak komentar negatif, ada juga netizen yang dibuat takjub dengan sajian unik tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh netizen ini, “Saya belum pernah mencobanya tetapi sepertinya mengandung banyak protein. Ini akan menjadi makanan yang sempurna untuk orang yang suka pergi ke gym.”

Menonton video “Permata Tersembunyi di Tengah Perumahan Bali, Menghadirkan Steak Premium dengan Harga Murah
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *