Jakarta

Matcha segar populer di kalangan anak muda. Ternyata dulu matcha merupakan minuman favorit para Samurai. Berikut beberapa fakta uniknya.

Kini ada jenis kesegaran yang berbeda dari segelas matcha. Ada yang dibuat sebagai matcha latte, es krim, atau dicampur dengan kopi seperti matcha espresso.

Memiliki rasa yang berbeda dengan teh biasa, para penggemar matcha cukup subjektif. Meski begitu, popularitas matcha terus meningkat dan tak kalah bersaing dengan makanan atau minuman kekinian lainnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ternyata di negara asalnya, matcha bukanlah minuman baru bagi generasi milenial. Matcha memiliki perjalanan panjang bahkan menjadi minuman favorit para Samurai.

Baca juga: Aduk! 10 Potret Makanan Rumah Sakit yang Bikin Sakit

Berikut 5 fakta unik matcha menurut Benda Jepang:

5 Fakta Unik Matcha Segar, Minuman Favorit Para SamuraiMatcha sepertinya ditemukan secara tidak sengaja. Foto: Getty Images/Liudmila Chernetska

1. Berasal dari kecelakaan

Ternyata Matcha sebenarnya bukan berasal dari Jepang. Pada akhir abad ke-12, matcha masuk ke Jepang setelah dibawa dari Tiongkok dan diolah dengan cara dipanggang dan dihancurkan daunnya.

Saat itu, orang Jepang menggunakan berbagai metode untuk memulai budidaya matcha dan menghasilkan varietas dengan warna yang lebih dalam dan rasa yang lebih enak. Akhirnya, para petani teh menemukan teknik menanam tanaman teh matcha di antara jerami.

Akibatnya tanaman teh matcha menghasilkan lebih banyak klorofil karena kurangnya paparan sinar matahari. Berbagai pengujian demi pengujian dilakukan, hingga akhirnya diketahui bahwa teknik pemetikan manual menggunakan tangan dan pencampuran dengan cara tradisional mampu menghasilkan rasa matcha terbaik.

2. Minuman Samurai

Samurai legendaris, seorang bangsawan militer dengan senjata pedang khasnya, ternyata tidak hanya membutuhkan keahlian khusus. Mereka juga harus pandai mengelola emosi untuk mengendalikan pikiran dan tubuh agar bisa fokus melawan musuh.

Untuk menenangkan tubuh dan pikiran mereka, Samurai rupanya belajar dari para biksu Buddha pada abad ke-13. Mereka mengambil matcha untuk membantu mempersiapkan fisik dan mental untuk berperang.

Ada beberapa aturan ketat yang sengaja diterapkan pada Samurai yang mempraktikkan wabi, artinya belajar menyeduh dan mengonsumsi matcha. Akhirnya, berabad-abad kemudian filosofi matcha masih mempunyai perayaan khusus.

Fakta unik lainnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Ramen Matcha Unik di Ramen For The Soul
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *