Jakarta

Di Malaysia banyak dijual makanan khas Indonesia yang dikenal dengan makanan 'Jawa'. Namun hidangan ini mendapat banyak perhatian karena alasan ini.

Secara geografis, Indonesia sangat dekat dengan Malaysia. Hal ini juga berdampak pada budaya dan masakan Indonesia-Malaysia yang mempunyai persamaan dan saling mempengaruhi.

Di Indonesia, masakan Melayu yang banyak ditemukan di Malaysia juga bisa ditemukan di Indonesia. Begitu pula dengan makanan Indonesia yang juga banyak dijual di Malaysia dan dikenal dengan sebutan makanan 'Jawa'.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Masakan Indonesia di Malaysia ternyata menjadi hal yang menarik perhatian netizen. Namun banyak pertanyaan dan kekhawatiran yang muncul karena alasan tertentu.

Makanan Indonesia disorot netizen Malaysia karena porsinya yang besarSeorang pembuat konten asal Malaysia mencicipi makanan Indonesia yang akhirnya disorot. Foto: WeirdKaya

WeirdKaya (21/2) mengabarkan kehebohan yang tengah ramai dibicarakan netizen Malaysia. Hal itu dipicu oleh video seorang pembuat konten akun TikTok @ezLokal yang membagikan momen dirinya membeli makanan khas Jawa sehingga menimbulkan banyak pertanyaan.

Makanan khas Jawa yang dimaksud adalah nasi campur berbagai lauk pauk yang dijual secara tradisional di warung-warung sederhana. Di sana para konten kreator mendapatkan sekotak makanan dengan harga murah namun dengan porsi besar.

Warung nasi khas Indonesia yang dikunjungi saat itu berlokasi di Shah Alam, Malaysia. Porsi nasinya saja sudah memenuhi styrofoam sebagai wadah pengemas tanpa menambahkan lauk pauk dan saus pelengkap yang disediakan penjual untuk menutupi nasi.

Hanya dengan membayar 10 Ringgit Malaysia atau setara Rp 32.000, sebungkus nasi campur sudah bisa dilengkapi dengan beberapa lauk pauk. Mulai dari Pari Masak Kencur, Rebung Masak Lemak, Tuna Cabai Gemuk, Rendang Ayam, dan beberapa lauk lainnya.

Makanan Indonesia disorot netizen Malaysia karena porsinya yang besarAlasannya karena harganya yang murah dengan porsi pemasangannya. Foto: WeirdKaya

Melihat porsi makanannya yang luar biasa besar, video ini menarik perhatian dan ditonton hampir 10 ribu kali oleh netizen. Banyak netizen yang berkomentar kaget dengan harga murah dan porsi besar yang ditawarkan.

“Sepertinya penjualnya hanya mencari pahala, semoga terus diberkahi rezeki yang baik,” tulis warganet.

“Tolong cepat beritahu kami lokasi restoran ini,” sambung netizen lainnya.

“Tak percaya harganya begitu murah dan porsinya yang besar sangat tidak masuk akal,” sambung netizen lainnya.

Menonton video “Indonesia menduduki peringkat ke-6 negara dengan masakan terbaik di dunia menurut Taste Atlas
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/dfl)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *