Jakarta

Ada pepatah yang mengatakan “Makanlah buah simalakama”. Ternyata buah ini bukan hanya sekedar peribahasa saja, namun sebenarnya ada buah yang bernama simalakama.

Buah simalakama merupakan nama lain dari buah mahkota dewa. Buah ini merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua.

Buah Simalakama dipercaya berkhasiat mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit. Oleh karena itu, buah ini dikenal sebagai tanaman herbal yang digunakan sebagai obat tradisional.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Penasaran dengan buah ini? Cari tahu bentuk, kandungan dan manfaat buah simalakama pada uraian di bawah ini.

Bentuk Buah Simalakama

Dikutip dari buku Keajaiban Jamu karya Dr Prapti Utami dan Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz, buah simalakama atau buah mahkota dewa memiliki nama ilmiah Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl.

Tanaman dari buah ini tumbuh tegak setinggi 1-2,5 meter. Batangnya bulat, permukaannya kasar, berkayu dan kenyal.

Daunnya tunggal, berbentuk lonjong dengan ujung runcing dan tangkai daun pendek. Panjang daunnya berkisar antara 7-10 cm dengan lebar 2-5 cm. Tepi daun rata, permukaan licin, dan warna hijau tua.

Bunga tanaman ini berwarna putih, berbentuk tabung kecil dan berbau harum. Bunganya muncul sepanjang tahun dan tersebar di batang dan sekitar daun.

Buah Simalakama berbentuk bulat dengan diameter 3-5 cm dan permukaan halus. Saat masih muda, warna buahnya hijau. Saat matang, buahnya berubah warna menjadi merah.

Dagingnya berwarna putih, berserat dan berair. Sedangkan bijinya berbentuk bulat dan keras dengan warna coklat.

Selain buah mahkota dewa, di berbagai daerah di Indonesia buah simalakama juga dikenal dengan nama mahkuto dewo, makuto mewo, pusaka dewa, dan makuto rojo.

Kandungan Buah Simalakama

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dra. Vivi Lisdawati, M.Si pada tahun 2002, daging buah simalakama dan kulit bijinya mengandung sejumlah senyawa aktif yang memiliki manfaat bagi kesehatan, antara lain alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol.

Kandungan alkaloidnya bersifat detoksifikasi sehingga mampu menetralkan racun dalam tubuh jika dikonsumsi. Senyawa saponin berperan sebagai antibakteri, antivirus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan vitalitas, mengontrol gula darah dan mengurangi pembekuan darah.

Kandungan flavonoid pada buah simalakama mampu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Kandungan polifenolnya berperan sebagai anti alergi.

Khasiat Buah Simalakama

Dengan sejumlah kandungannya, berikut manfaat buah simalakama untuk kesehatan:

1. Mencegah tumbuhnya kanker

Beberapa penelitian menemukan bahwa buah simalakama mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dengan kandungannya.

Penelitian tahun 2023 yang dilakukan oleh Dra. Lucie Widowati menunjukkan bahwa buah simalakama bersifat sitotoksik yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker rahim dan sel leukemia, serta menurunkan kadar gula darah dan asam urat. Selain itu, buah ini juga memiliki sifat antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas.

Penelitian serupa lainnya menyatakan bahwa buah simalakama mampu menghambat pertumbuhan kanker darah putih hingga 50 persen.

2. Menunda penuaan dini

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universiti Lambung Mangkurat menemukan bahwa buah simalakama berpotensi mencegah reaksi glikosilasi penyebab penuaan dini. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan flavonoid pada daun tanaman Mahkota dewa.

Hasil penelitian Meiyanti, dkk menunjukkan bahwa bubuk ampas simalakama dapat menurunkan kadar glukosa darah pada orang sehat. Pasalnya, senyawa saponin yang terkandung di dalamnya berperan mencegah penyerapan glukosa.

Demikianlah bentuk, kandungan dan khasiat buah simalakama yang bermanfaat bagi kesehatan.

Menonton video “Antri satu jam untuk jus buah segar Rp 15 ribu
[Gambas:Video 20detik]
(usn/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *