Jakarta

Tren mengonsumsi makanan dari berbagai negara kini sedang populer. Termasuk tren warga Korea Selatan yang kerap membuat video sambil menyantap nasi Padang khas Indonesia.

Di media sosial seperti TikTok, Instagram dan X (Twitter), konten tentang makanan menjadi topik paling populer. Khususnya di TikTok dan Instagram yang memiliki fitur upload video pendek atau sering disebut dengan vlog atau roll.

Belakangan ini semakin banyak warga Korea Selatan yang membuat video tentang mereka yang pertama kali mencicipi makanan Indonesia. Di antara makanan yang paling banyak dicoba adalah nasi padang. Nasi Rames dengan lauk khas Minang selalu sukses membuat warga Korea Selatan jatuh hati.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Seperti pengguna Instagram @chae_n_106 asal Korea Selatan. Baru-baru ini ia mengunggah video dirinya sedang makan nasi Padang yang disebutnya sebagai makanan paling terkenal di Indonesia.

Video tersebut telah ditonton ratusan ribu kali, disukai lebih dari 11,5 ribu pengguna, dan ratusan komentar. Sayangnya, video makan nasi padang ini justru menuai tanggapan negatif di kalangan netizen X.

Kini Banyak Orang Korea yang Bikin Video Makan Nasi PadangKini Banyak Warga Korea yang Bikin Video Makan Nasi Padang Foto: Instagram @chae_n_106

“Apa salahnya melihat konten seperti ini? Semakin banyak (orang Korea mencoba makanan Indonesia),” tulis pengguna anonim X melalui akun berbagi @tanyakanrl (21/02).

Saya rasa tidak banyak netizen X lainnya yang setuju dan merasa bahwa orang Korea sengaja membahas makanan Indonesia, demi menambah pengikut dan menjadi terkenal di media sosial. Sebab Indonesia mempunyai banyak pengguna media sosial yang aktif.

“Karena orang Indonesia (netizen) tujuannya untuk menaikkan popularitas. Itu wajar,” komentar @bae**.

“Ah, model seperti ini memang sedang menjamur. Kita hanya harus membiasakan diri untuk tidak menghebohkan dan mengidolakan mereka hanya karena mereka merespon konten-konten yang berhubungan dengan hal-hal yang berhubungan dengan negara kita sendiri. Abaikan saja kalau mereka telat datang ke media sosialmu.” , soalnya contoh. Tapi kalau mau lihat juga boleh. Silahkan,” saran @xn**.

“Sebenarnya boleh saja kalau orang dari luar negeri ingin membuat konten tentang Indonesia. Tapi kebanyakan dari mereka melebih-lebihkan ekspresinya agar terlihat modis dan kita tidak tahu apa yang ada di balik layar,” tulis @mys**.

Nasi mukbang padang korea 2 bungkus dengan lauk rendang dan tunjangNasi mukbang padang korea 2 bungkus dengan lauk rendang dan tunjang Foto: TikTok @jhy_il

Tak kalah banyaknya netizen yang membela orang asing, khususnya warga Korea yang kerap membuat video tentang Indonesia.

“Kalau mau menambah view ya nggak apa-apa kan? Ujung-ujungnya makanannya tetap dikenal banyak orang. Banyak orang yang mengatur mata pencahariannya, tapi kalau orang Indonesia menonton (videonya), apakah akan menjadi rugi buat Indonesia? Lagipula kan? “Masyarakat Indonesia juga akan berpikir apakah mereka benar-benar tertarik dengan konten tersebut atau tidak,” bantah @moch**.

Gadis Korea Cicipi Mie Celor, Katanya Mirip Pasta Mawar.Gadis Korea Cicipi Mi Celor, Katanya Mirip Pasta Mawar. Foto: YouTube Hari Jisun

Sebelum video @chae_n_106 mencicipi nasi Padang, sudah banyak video warga Korea mencicipi makanan Indonesia. Mulai dari mencicipi martabak pertama di Korea, mencicipi nasi rames, mencicipi jajanan sekolah di Indonesia hingga mencicipi mee celor khas Palembang.

Menonton video “Membuat Anda Lapar: Menggugah Selera Nasi Padang
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *