Jakarta

Rawon sekali lagi menjadi sup terbaik di dunia menurut TasteAtlaes. Rupanya keistimewaan Jawa Timur ini sudah ada sejak tahun 902 Masehi.

Situs makanan dan perjalanan dunia TasteAtlas baru saja merilis daftar 10 sup terlezat di dunia. Yang mengejutkan, Rawon kembali masuk dan meraih juara pertama.

Peringkat rawonnya bahkan mengalahkan ramen Jepang dan tom kha gai Thailand. Di website ini, sajian sup hitam ini memiliki skor 4,8.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Selain itu, TasteAtlas juga menyoroti penggunaan bumbu kluwek sebagai 'elemen utama' dalam resep rawon. Bumbu-bumbu inilah yang membuat kuahnya berwarna gelap.

“Bumbu khas Indonesia yang luar biasa ini sangat beracun jika dimakan mentah dan harus selalu difermentasi sebelum dikonsumsi,” tulis TasteAtlas.

Rawon sendiri terkenal sebagai makanan khas Surabaya, Jawa Timur. Dikutip dari berbagai sumber, berikut fakta Rawon!

1. Asal usul rawon

Rawon Balungan di BlitarRawon merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi. Foto: Fima Purwanti/detikJatim

Rawon merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi. Disajikan dalam kuah dengan campuran bumbu kluwek atau dikenal juga dengan sebutan kenari hitam.

Dikutip dari Berita Baik Dari Indonesia (21/07/23) rawon tercatat dalam prasasti Taji pada abad ke-10. Prasasti tersebut bertanggal 902 Masehi.

Dalam sebuah prasasti yang terletak di kawasan Bukit, Jawa Timur, tercatat terdapat kata 'Rarrawan' yang merupakan cikal bakal nama Rawon.

2. Menjadi makanan favorit pemerintah

Rawon yang berasal dari kata 'Rarrawan' diperkirakan sudah ada sejak zaman kerajaan Kanjuruhan. Tepatnya pada tahun 860 M, lapor detikJatim (04/10).

Sejak saat itu, rawon menjadi makanan favorit keluarga kerajaan. Selain itu, dalam catatan resep Keraton Mangkunegaran Surakarta tahun 1926, rawon juga tercatat sebagai makanan khas keraton.

Menonton video “Cita Rasa Rawon Bar Otentik dengan Sentuhan Kontemporer
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *