Jakarta

Oatmeal merupakan bahan makanan favorit bagi mereka yang menjalani hidup sehat. Mengonsumsinya setiap hari ternyata memiliki 7 efek bagi kesehatan. Demikian penjelasan dari seorang ahli gizi.

Orang sehat menjadikan oatmeal sebagai makanan sehari-hari karena mudah diolah. Rasanya juga enak dan bergizi. Oat biasanya disantap sebagai menu sarapan atau makan malam.

Seperti makanan lainnya, oatmeal juga berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi setiap hari. Ahli gizi mengungkap efek ini. Apakah itu baik atau buruk bagi kesehatan?

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mengumpulkan Makan Ini, Bukan Itu! (20/2/2024), berikut 7 dampak makan oat setiap hari:

1. Penuhi kebutuhan serat Anda

sarapan tinggi seratFoto: detikFood/iStock

Banyak orang kekurangan asupan serat setiap hari, sehingga berdampak buruk pada kesehatan pencernaan. Hal ini bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi oatmeal yang kaya serat.

Mengonsumsi oatmeal membantu memenuhi kebutuhan serat harian yang direkomendasikan hingga 28 gram. Angka ini cukup ideal. Jika ingin lebih enak, Anda bisa menambahkan biji chia, kacang-kacangan, dan berbagai buah beri ke dalam oat Anda.

2. Cepat kenyang

Bagi yang sedang diet, mengonsumsi oat bisa menjadi kunci penurunan berat badan. Ahli gizi Emily Danckers menjelaskan bahwa oatmeal merupakan gandum utuh yang kaya akan serat larut. Saat dimakan, pencernaan melambat dan bisa meningkatkan rasa kenyang.

Jenis serat larut utama dalam oatmeal adalah beta-glukan. Penelitian dalam jurnal Nutrition Review mengungkapkan bahwa jenis makanan ini memiliki efek positif terhadap rasa kenyang. Hasilnya, ini membantu seseorang menghindari makan berlebihan.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Ilustrasi kolesterolFoto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars

Pengaruh makan oat setiap hari juga terlihat pada kolesterol. Oatmeal menurunkan kadar kolesterol jahat jika terlalu tinggi di dalam tubuh. Hal ini dijelaskan oleh ahli gizi Megan Byrd.

Katanya, manfaat tersebut didapat dari serat beta-glukan. Kabar baiknya, kadar kolesterol baik akan meningkat setelah mengonsumsi oat.

4. Buang air besar lancar

Ahli gizi Amy Goodson mengungkapkan bahwa serat oatmeal memberikan efek positif pada kesehatan pencernaan, termasuk pergerakan usus. Efek buang air besar menjadi lebih lancar.

Goodson juga merekomendasikan untuk mengonsumsi oatmeal bersamaan dengan minum lebih banyak air. Tujuannya agar serat yang terkandung dalam oats dapat berfungsi maksimal untuk kesehatan.

Lebih jelasnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *