Jakarta

Sebelum menjadi minuman populer di dunia seperti sekarang, kopi pernah dianggap sebagai minuman mematikan dan dilarang untuk diminum di berbagai negara.

Jauh sebelum dikonsumsi secara bebas, ternyata kopi mempunyai cerita dan sejarah kelam di beberapa negara. Konsumsi kopi dilarang karena sebagian mantan pemimpin menganggap kopi sebagai minuman misterius.

Karena belum umum, beberapa negara dan kota akhirnya melarang penggunaan kopi. Pasalnya, minuman ini dikhawatirkan akan berdampak buruk.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sejarah mencatat, pada masa lalu kopi bahkan dianggap sebagai racun dan minuman yang membingungkan. Padahal, jika diminum dengan benar, kopi justru membawa manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber (23/02), berikut beberapa negara dan kota yang melarang peredaran dan konsumsi kopi.

1. Jerman

Kopi pernah menjadi minuman terlarang di lima negara tersebutKopi Adalah Minuman yang Dilarang Di Lima Negara Ini Foto: iStock/Ilustrasi Situs

Prusia merupakan kerajaan Jerman, pada tahun 1777 Raja Frederick membuat pernyataan yang menyatakan bahwa bir lebih baik daripada kopi. Pernyataan tersebut ia sampaikan karena saat itu peminat kopi lebih besar.

Padahal wilayah Prusia merupakan produsen bir yang juga menjadikan bir sebagai minuman khas daerahnya. Khawatir keberadaan bir akan tergantikan oleh kopi, ia memerintahkan masyarakatnya untuk membuang kopi dan memperbanyak konsumsi bir.

Namun lambat laun seiring dengan perubahan sistem pemerintahan, kopi akhirnya diperbolehkan untuk dikonsumsi kembali. Buktinya hingga saat ini wilayah Jerman masih unggul dalam hal produksi bir. Kopi dan bir sebenarnya memiliki penggemarnya masing-masing dan kedua minuman ini juga memiliki karakter yang sangat berbeda.

2. Konstantinopel

Kopi pernah menjadi minuman terlarang di lima negara tersebutKopi Adalah Minuman yang Dilarang Di Lima Negara Ini Foto: iStock/Ilustrasi Situs

Selama sebagian besar Abad Pertengahan, Konstantinopel adalah kota terbesar dan paling makmur di Eropa. Namun ketika Kesultanan Ottoman berkuasa sekitar tahun 1623, kopi menjadi minuman yang sepenuhnya dilarang. Bahkan ada peraturan hukum yang dibuat khusus untuk kopi.

Orang yang berani menikmati kopi akan dihukum dengan pemukulan. Jika Anda ketahuan meminum kopi lagi, Anda akan dihukum mati. Hukumannya tidak tanggung-tanggung, pelakunya akan dimasukkan ke dalam tas kulit dan dibuang ke laut.

3. Mekah

Kopi pernah menjadi minuman terlarang di lima negara tersebutKopi Adalah Minuman yang Dilarang Di Lima Negara Ini Foto: iStock/Ilustrasi Situs

Pemerintah kota Mekkah pernah melarang peredaran kopi. Pada tahun 1511, kopi bahkan dianggap sebagai minuman ilegal karena gubernur yang menjabat saat itu menganggap kopi sebagai minuman yang berpotensi menimbulkan perilaku radikal.

Kebiasaan minum kopi bersama juga disebut-sebut menjadi salah satu cara pihak oposisi menggelar pertemuan. Karena khawatir banyak yang mengkhianatinya, maka pimpinan kota Mekkah melarang konsumsi kopi.

Para sufi saat itu juga bergantung pada kopi sebelum salat semalaman saat proses pemakaman. Hal ini juga dianggap sebagai hal yang buruk. Padahal saat itu tujuan minum kopi adalah untuk melindungi mata sepanjang malam.

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *