Jakarta

Tidak dapat disangkal bahwa pola makan dan gaya hidup sehat berperan dalam menjaga awet muda. Termasuk 8 kebiasaan yang bisa menambah usia Anda hingga 24 tahun.

Sebuah studi baru yang tidak dipublikasikan yang menganalisis data kesehatan para veteran AS menemukan delapan pilihan gaya hidup sehat yang dapat memperpanjang umur seseorang.

Laporan tersebut ditulis oleh Xuan-Mai Nguyen, seorang spesialis ilmu kesehatan untuk Program Sejuta Veteran di VA Boston Healthcare System.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Kami juga melakukan analisis untuk melihat apakah kami mengecualikan penderita diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, stroke, kanker dan sejenisnya, apakah itu mengubah hasilnya? Dan ternyata tidak. Jadi, jika Anda memiliki penyakit kronis, buatlah gaya hidup perubahan akan tetap membantu (memperpanjang umur),” kata Nguyen, dikutip dari CNN International, Sabtu, (24/2/2024).

Jika seorang pria pada usia 40 tahun hanya melakukan satu perilaku sehat, dia bisa mendapatkan 'bonus' hidup 4,5 tahun lebih lama, kata Nguyen. Penambahan satu kebiasaan memperpanjang umur tujuh tahun, sedangkan penggunaan tiga kebiasaan memperpanjang umur pria 8,6 tahun.

Perempuan juga mengalami lonjakan besar dalam angka harapan hidup, kata Nguyen, meski jumlahnya berbeda dibandingkan laki-laki.

Penerapan satu perilaku sehat saja akan menambah usia hidup perempuan selama 3,5 tahun, sedangkan dua perilaku sehat menambah usia delapan tahun, tiga perilaku sehat menambah usia 12,6 tahun, dan menerapkan semua kebiasaan sehat akan memperpanjang umur perempuan sebesar 22,6 tahun.

“Melakukan kedelapan hal ini memiliki efek sinergis, semacam dorongan ekstra untuk memperpanjang hidup Anda, namun perubahan kecil apa pun akan membuat perbedaan,” kata Nguyen.

Namun, penelitian ini hanya dapat menunjukkan hubungan, bukan sebab dan akibat langsung, dan karena penelitian ini berfokus pada veteran, temuan ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang. Namun, para veteran dalam penelitian ini sudah pensiun dan tidak sedang menjalani tugas aktif atau pelatihan militer,” kata Nguyen.

8 Gaya Hidup yang Memperpanjang Umur

Studi ini mengurutkan delapan perilaku gaya hidup untuk melihat mana yang memberikan peningkatan umur panjang terbesar.

1. Olahraga

Menurut banyak ahli, olahraga adalah salah satu perilaku terpenting yang dapat dilakukan siapa pun untuk meningkatkan kesehatannya. Menambahkan bahwa satu perilaku sehat menghasilkan penurunan risiko kematian akibat sebab apa pun sebesar 46% jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga, kata Nguyen.

2. Jangan mengonsumsi narkoba

Opioid mengurangi risiko kematian dini sebesar 38%, demikian temuan studi tersebut. Hal ini merupakan masalah penting saat ini, karena krisis opioid di AS merupakan “darurat kesehatan masyarakat” nasional, menurut laporan lembaga di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan.

3. Jangan merokok

Menghindari rokok mengurangi risiko kematian sebesar 29%, demikian temuan penelitian. Kalau ada yang mantan perokok, tidak masuk hitungan
“Berhenti merokok kapan saja dalam hidup akan memberikan manfaat kesehatan yang signifikan,” kata para ahli.

4. Hindari stres

Mengelola stres adalah langkah berikutnya, yang mengurangi kematian dini sebesar 22%, demikian temuan studi tersebut. Stres merajalela di AS saat ini dan berdampak buruk pada kesehatan, kata para ahli. Ada cara untuk mengubah pandangan Anda dan mengubah stres buruk menjadi stres baik.

Menonton video “Nikmati lezatnya 'Wajan Bakso Saus Pedas' di Lumajang
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *