Jakarta

Kisah sukses beralih profesi menjadi petani kerap menarik perhatian. Kali ini datang dari seorang mantan insinyur yang kini sukses mengelola sebuah peternakan di Swiss.

Pria yang pernah berprofesi sebagai insinyur ini memiliki kisah hidup yang menarik. Kini, ia justru sukses menjadi petani sayur dan menginspirasi banyak orang.

Laporan dari World of Buzz (22/2), pria bernama Eryzal Zainal berbagi kisahnya kepada Berita Harian di Malaysia tentang bagaimana profesi seorang petani dapat mengubah hidupnya. Sebelumnya, Eryzal merupakan seorang insinyur di bidang telekomunikasi, minyak dan gas.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Eryzal (41) menuturkan, dirinya pernah bekerja di salah satu perusahaan di Malaysia. Kemudian, dia berhenti bekerja pada tahun 2014 dan fokus pada proyek konservasi di Malaysia.

Setelah itu, dia dan istrinya yang berkebangsaan Swiss berkeliling dunia. Mereka menjadi sukarelawan di peternakan di berbagai negara.

Kisah sukses mantan insinyur yang menjadi petani sayur di SwissKisah sukses mantan insinyur yang menjadi petani sayur di Swiss Foto: YouTube Berita Harian

Hingga akhirnya, Eryzal dan istrinya memulai usaha pertanian dengan sebidang tanah kecil di samping rumahnya di Swiss. Mereka mulai tinggal di Swiss sejak 2017.

Usaha pertanian kecil-kecilan ini tumbuh dengan bantuan tetangga yang mendukung. Sebelumnya, Eryzal juga bekerja paruh waktu di desa dan kini memutuskan menjadi petani penuh waktu.

Eryzal mengungkapkan bagaimana mereka menggunakan barang apa pun yang mereka miliki. Seiring berjalannya waktu, mereka mampu memperbaiki peralatan pertaniannya dan kini menjalankannya dengan bantuan traktor.

Kisah sukses mantan insinyur yang menjadi petani sayur di SwissKisah sukses mantan insinyur yang menjadi petani sayur di Swiss Foto: YouTube Berita Harian

Dia dan istrinya menanam berbagai macam sayuran. “Sekarang, setiap minggunya kami memproduksi sekitar berbagai jenis sayuran rujak. Selain 20 kg selada, 50 kg wortel, dan 70 kg tomat. Seluruh hasil produksi kami jual di pasar,” kata Eryzal.

Kisah Eryzal bisa menjadi inspirasi banyak orang. Ia membuktikan bahwa mengganti setir dari pekerjaan sebelumnya juga bisa berhasil asalkan rajin dan sabar dalam melakukannya.

Menonton video “Nikmati lezatnya 'Wajan Bakso Saus Pedas' di Lumajang
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *