Jakarta

Tumbler kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Inilah salah satu penyebab orang sering minum air putih yang bisa memicu overhidrasi.

Bahaya dehidrasi atau kekurangan asupan air membuat banyak orang memikirkan cara untuk minum lebih banyak. Salah satunya adalah dengan menggunakan kacamata kekinian.

Botol atau tumbler minuman dingin ini diharapkan dapat membantu niat seseorang untuk rajin minum. Apalagi kini banyak gelas yang memiliki warna, desain, dan ukuran air.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun, apakah ini benar-benar solusi efektif untuk mengatasi dehidrasi? Yang perlu diingat, tubuh tentunya memiliki kapasitas terbatas termasuk air.

Berikut fakta yang perlu Anda ketahui tentang overhidrasi:

1. Bisa keracunan air

Keracunan air biasanya terjadi karena orang terlalu banyak minum air atau disebut dengan overhidrasi. Keracunan air ini menyebabkan terlalu banyak air yang mengendap dan menyebabkan hiponatremia.

Kondisi ini ditandai dengan mual, muntah, lesu, kejang, bahkan kematian.

Keracunan air disebabkan oleh minum terlalu banyak dalam waktu singkat seperti 3 liter dalam 1 jam atau 10 liter dalam sehari.

2. Jarang terjadi overhidrasi

Tumbler FlowState Stanley Quencher H2.0Stanley Quencher H2.0 FlowState Tumbler Foto: Dok. Amazon

Banyak orang bertanya berapa banyak air yang harus diminum seseorang dalam sehari? Menurut National Academy of Medicine, 3,7 liter air per hari untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita.

Namun mengutip berbagai sumber, kebutuhan air tergantung pada keadaan masing-masing orang. Kebutuhan air juga dipengaruhi oleh usia, berat badan dan aktivitas.

Seseorang tidak disarankan untuk minum terlalu banyak jika tidak sedang melakukan aktivitas berat seperti olahraga.

Jika Anda minum terlalu banyak air, ginjal Anda akan kelebihan cairan sehingga menyebabkan buang air kecil berlebihan.

3. Pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi

Minum air putih yang cukup akan bermanfaat bagi tubuh untuk tetap terhidrasi. Fungsi dan metabolisme tubuh akan berjalan lancar jika didukung dengan asupan mineral yang cukup.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membantu menurunkan berat badan karena perut akan terisi air sehingga mengurangi nafsu makan.

Lantas, apakah botol minum jenis apa pun bisa menyebabkan overhidrasi? Jawabannya, tidak secara langsung dan bukan penyebab utamanya.

Hanya saja jenis botol tertentu dan ukurannya bisa memicu orang untuk minum lebih banyak dan jika tidak hati-hati bisa minum terlalu banyak.

Bahaya minum air terlalu banyak bisa dilihat secara lengkap Di Sini !

Menonton video “Nikmati lezatnya 'Wajan Bakso Saus Pedas' di Lumajang
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *