Jakarta

Kopi hitam ternyata memiliki beberapa kandungan yang nikmat. Bukan hanya kopi biasa, tapi juga yang disebut kopi 'mata merah'. Seperti apa campurannya?

Kopi memiliki cita rasa tersendiri, meski rasa pahitnya sangat kuat. Dari segi manfaat kesehatan, kopi juga menyehatkan karena mengandung antioksidan tingkat tinggi.

Kopi hitam dianjurkan untuk asupan yang lebih sehat. Biasanya dibuat polos tanpa tambahan gula atau krimer.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Laporan dari Food & Wine (15/2), ternyata ada beberapa jenis kopi hitam yang dibedakan berdasarkan campurannya. Bahan kopi ini disebut mata merah.

Kopi red eye pastinya memiliki perbedaan dengan racikan kopi hitam pada umumnya. Kopi ini juga disebut-sebut lebih enak dibandingkan es Americano yang populer di Korea Selatan.

Kopi mata merahSalin Foto Mata Merah: Getty Images/iStockphoto

Bahan dasar yang membedakan kopi mata merah dengan racikan kopi hitam lainnya. Red Eye menggabungkan sekitar 226 gram kopi tetes yang disebut 1 shot espresso.

Menurut USDA, kopi mata merah juga diketahui memiliki tambahan kafein 80 hingga 100 miligram. Volumenya lebih besar dibandingkan es Americano, jadi tak heran banyak orang yang memanfaatkannya untuk penambah energi.

John Freihofer, pakar kopi dari Joe Coffee Company yang berbasis di New York, menjelaskan cara membuat kopi mata merah. Dia merekomendasikan untuk menggunakan jenis biji kopi yang sama baik dalam campuran espresso maupun kopi yang diseduh.

Membuat kopi mata merah lebih mudah dilakukan di rumah dibandingkan memesannya di kafe. Sebab, kedai kopi biasanya menggunakan proses pemanggangan yang berbeda antara espresso dan kopi seduh.

Profil rasa kopi mata merah dengan konsistensi biji dan sangrai yang sama akan lebih halus dan kaya rasa.

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *