Jakarta

Di China, beberapa makanan bukan sekedar pengisi perut, tapi 'obat' bagi tubuh. Salah satu yang paling terkenal, sup ayam hitam, konon sudah ada lebih dari 1.000 tahun.

Budaya kuliner di Tiongkok erat kaitannya dengan penggunaan bahan-bahan herbal yang menyehatkan tubuh. Beberapa makanan merupakan bagian dari pengobatan tradisional Tiongkok (TCM).

Makanan ini tidak hanya mengenyangkan perut dan memuaskan nafsu makan, tapi juga menyehatkan tubuh. Bahkan ada prinsip yang meyakini makanan adalah obat dan obat adalah makanan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Salah satu makanan bergizi asal Tiongkok adalah sup ayam hitam atau Silkie Chicken Soup. mengutip Memukul (21/2/2024), sup ini diyakini berusia lebih dari 1.000 tahun.

Sup ayam hitam kerap diharapkan dapat mengatasi masalah reproduksi wanita. Sesuai dengan namanya, soto ayam ini terbuat dari sejenis ayam berwarna hitam, mirip dengan ayam cemani yang ada di Pulau Jawa. Tidak hanya bulunya yang berwarna hitam, kulit, daging, dan tulangnya juga berwarna hitam.

Sup ayam hitamSup ayam hitam dipercaya dapat menjaga kesehatan reproduksi wanita. Foto: Getty Images/YamisHandmade

Dalam TCM, sup ayam hitam dianggap sebagai makanan netral, artinya tidak menimbulkan panas atau menghalangi panas dalam tubuh. Jika dipadukan dengan herba panas atau dingin, bisa menjadi solusi untuk mengatasi kondisi panas atau dingin.

Menurut chef dan pakar TCM, Zoey Gong, sup ayam hitam memberi nutrisi pada “qi”, kekuatan hidup vital seseorang. Mengonsumsinya dipercaya dapat mendukung fungsi kesehatan yin dan yang.

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan oleh American Chemical Society menemukan bahwa ayam hitam mengandung karnosin, suatu dipeptida dengan sifat anti penuaan. Hal ini menjelaskan reputasi sup ayam hitam sebagai hidangan yang menyegarkan.

Selain itu, pada TCM, warna hitam sejajar dengan ginjal yang dikatakan memproduksi yin dan yang serta mempengaruhi sistem reproduksi.

Saat membuat sup ayam hitam sebagai bagian dari TCM, praktisi TCM biasanya menggunakan beberapa bumbu, rempah-rempah dan bahan makanan sehat lainnya. Jenis yang populer adalah jujube, gelatin kulit keledai, murbei, dan buah lengkeng.

Sup ayam hitamSup ayam hitam dibuat dengan berbagai bahan sehat. Foto: Getty Images/YamisHandmade

Masing-masing bahan ini dikenal dengan manfaatnya yang menyehatkan. Misalnya saja jujube yang bisa menghentikan pendarahan berlebihan. Kemudian murbei dapat menetralisir gejala kondisi panas seperti menopause.

Manfaat sop ayam hitam untuk kesehatan reproduksi wanita lainnya juga berasal dari jenis ayamnya sendiri. Ayam hitam mengandung fitoestrogen yang sangat membantu dalam melawan masalah kesehatan yang berhubungan dengan wanita, seperti menstruasi tidak teratur, gangguan kesuburan, endometriosis, sindrom ovarium polikistik, kanker payudara, dan kanker serviks.

Selain di China, sup ayam hitam juga bisa ditemukan di Korea Selatan. Namanya samgyetang yang dulunya hanya disajikan oleh kalangan bangsawan, kini menjadi kuliner khas Korea yang sayang untuk dilewatkan.

Jenis ayam yang digunakan disebut Ogolgae dalam bahasa setempat. Beberapa buku pengobatan oriental Korea menyatakan bahwa Ogolgae memiliki banyak manfaat, seperti membantu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan stamina.

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *