Jakarta

Padahal, asupan minuman pagi hari tidak boleh sembarangan. Dokter merekomendasikan beberapa minuman karena mampu menjaga kesehatan usus. Suka 3 minuman ini.

Di pagi hari, saat perut kosong, sebaiknya jangan minum apa pun sembarangan. Apalagi jika Anda ingin menjaga kesehatan pencernaan dan usus.

Ada beberapa minuman bagus yang dapat meningkatkan kesehatan usus. Seorang dokter telah menguraikan tiga minuman ampuh yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan hati.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dr. Joseph Saihab, ahli gastroenterologi dan spesialis hati bersertifikat, menjelaskan hal tersebut melalui postingan di TikTok. Para ahli medis ini menyarankan untuk meminum tiga gelas minuman.

Berikut penjelasannya seperti dirangkum dari express.co.uk (25/02):

1. Kopi hitam

Minum kopi hitam di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badanMinum kopi hitam di pagi hari juga diketahui memiliki manfaat menyehatkan usus. Foto: Ilustrasi iStock

Dr Salhab menjelaskan, minuman populer ini terbukti baik untuk kesehatan hati. Ia menjelaskan, minuman ini dapat membantu mengendalikan penyakit hati berlemak dan terbukti menurunkan risiko kanker hati.

Dr Saihab menambahkan, jenis kopi hitam yang baik untuk kesehatan usus adalah biji kopi dark roast. Karena kopi ini memiliki rasa yang kurang asam, maka kopi ini menjadi pilihan yang baik bagi penderita penyakit asam lambung.

“Jika Anda menderita asam lambung, cobalah minum kopi yang menggunakan biji kopi dark roasted,” jelasnya.

Namun perlu diingat bahwa manfaat kopi hitam akan efektif jika diminum sendiri. Tanpa tambahan gula, susu atau pemanis lainnya.

2. Teh hijau

5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya MaksimalTeh hijau direkomendasikan karena mengandung katekin yang baik untuk usus dan hati. Foto: Getty Images

Selain kopi, teh juga kerap menjadi minuman untuk menemani sarapan. Pecinta teh bisa menikmati beberapa jenis teh. Namun menurut Dr Saihab, pilihan terbaik adalah teh hijau.

Teh hijau diketahui mengandung katekin yang merupakan antioksidan kuat dan terbukti bermanfaat bagi usus dan hati. Teh hijau juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang kurang menyukai rasa kopi hitam atau ingin mengurangi asupan kafein berlebihan.

“Saat ini, teh hijau mengandung sangat sedikit kafein, lebih sedikit dibandingkan kopi hitam. Namun Anda juga bisa mendapatkan formulasi bebas kafein,” jelasnya.

Minuman pagi lain yang direkomendasikan dokter ini dapat ditemukan di halaman berikutnya!

Menonton video “Toko vegetarian di Senopati ini menawarkan cita rasa restoran siap saji
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *