Jakarta

Penemuan kopi terus bermunculan, namun ada pula yang dianggap aneh karena ramuannya merupakan racikan yang tidak biasa. Dari kopi rasa dengan hidangan daging babi rebus hingga kopi dengan bubuk cabai di Tiongkok!

Kopi merupakan minuman berkafein populer yang dikonsumsi banyak orang setiap hari. Para pembuat kopi mulai dari rumah hingga kafe seakan berlomba-lomba menciptakan kreasi kopi yang unik. Namun tak jarang, hasilnya diejek karena dianggap terlalu aneh.

Alhasil, menu kopi aneh ini pun viral di media sosial. Kopi yang dipadukan dengan rasa dan bahan yang tidak biasa akan membuat Anda cemberut. Mulai dari olahan kopi rasa babi, kopi campur keju manis, hingga kopi pedas dengan cabai.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Merangkum berbagai sumber, berikut 5 bahan kopi aneh yang sempat viral:

1. Latte rasa babi

Daging Babi Rebus LatteFoto: Starbucks Cina

Bahan kopi aneh ini baru-baru ini diperkenalkan oleh Starbucks China. Bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2024, mereka meluncurkan minuman latte rasa babi. Namanya Braised Pork Latte yang harganya sekitar Rp 140 ribu.

Menu kopi unik ini disebut juga 'Abundant Year Savory Latte'. Bahan kopinya terbuat dari campuran espresso, dongpo rebus, dan susu. Latte tersebut kemudian ditaburi saus daging babi untuk rasa manis dan di atasnya diberi irisan daging babi.

Starbucks menjelaskan, menu unik ini memiliki kombinasi rasa manis dan gurih. Mereka sengaja memilih rasa daging babi rebus untuk menampilkan profil cita rasa lokal masakan Cina.

2. Kopi campur keju

Keju Campuran Kopi, Bahan Aneh Yang Membuat Kopi Lebih BaikFoto: Getty Images/iStockphoto/bubasm

Di Finlandia ada ramuan kopi aneh yang disebut kaffeost dimana kopi dicampur dengan keju. Menu ini bisa ditemukan hampir di semua kedai kopi Finlandia.

Kaffeost adalah minuman tradisional Finlandia. Biasanya disajikan saat sarapan atau saat cuaca dingin karena kopi ini diolah dalam keadaan panas.

Jenis keju yang digunakan berasal dari susu rusa. Teksturnya dikenal lembut dan rasanya lebih manis dibandingkan keju cheddar. Penambahannya pada kopi memberikan tekstur krim yang nikmat.

3. Es kopi susu dengan topping sambal

Sedang Tren di China, Es Kopi Susu Isi Irisan Cabai dan Topping Bubuk CabaiFoto: South China Morning Post

Sebuah kedai kopi bernama Jingshi Coffee di Ganzhou, provinsi Jiangxi, Tiongkok timur menjadi perbincangan karena menunya yang unik. Akhir Desember 2023 mereka meluncurkan menu Spicy Latte. Pear Video melaporkan menu ini bisa terjual 300 cup sehari!

Bahan es kopi susunya diisi dengan irisan cabai dan bubuk cabai sebagai toppingnya! Harganya sekitar Rp 44 ribu per gelas. Bagi yang sudah mencobanya, rasa kopi ini tidak terlalu pedas dan tidak aneh seperti yang Anda bayangkan.

Lebih detailnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *