Jakarta

Daun binahong (Anredera cordifolia) merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal. Sebab, daun ini mempunyai banyak nutrisi untuk tubuh.

Tanaman asal Tiongkok ini sudah lama digunakan sebagai obat tradisional secara turun-temurun. Banyak khasiat yang bisa didapat dari daun binahong, mulai dari mengobati sakit maag hingga gatal-gatal.

Sedikit informasi, daun binahong tumbuh merambat dan memiliki daun yang pendek. Dilihat dari fisiknya, daun ini berbentuk seperti hati dan berwarna hijau.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ingin tahu beberapa manfaat daun binahong? Baca lebih lanjut di artikel ini.

Kandungan daun binahong

Mengutip buku Manfaat Daun Binahong Rebus Menurunkan Gula Darah karya I Made Raka dan Nurul Kartika Sari, Daun Binahong banyak mengandung senyawa seperti saponin, alkaloid, polifenol, dan flavonoid.

Selain itu daun binahong juga mengandung asam aldonik, asam organik, glukan, betakaroten dan vitamin. Daun ini juga memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan sehingga baik untuk mencegah berbagai penyakit.

Manfaat Daun Binahong Bagi Tubuh

Daun binahong mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Mengutip buku 56 Makanan Ajaib dan Khasiatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan karya Yusuf CK Arianto, berikut manfaat daun binahong.

1. Mengobati gatal

Manfaat yang pertama adalah mampu mengobati rasa gatal pada kulit. Pasalnya, daun binahong mengandung flavonoid dan saponin yang memiliki sifat antijamur.

Cara penggunaannya, ambil beberapa lembar daun binahong, lalu cuci hingga bersih. Lalu tumbuk daunnya hingga halus, lalu oleskan pada bagian kulit yang gatal.

2. Menyembuhkan Luka

Daun binahong dipercaya mampu menyembuhkan luka dan bengkak pada tubuh. Pasalnya kandungan saponin pada daun ini berperan sebagai antiseptik sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka.

Cara pemakaiannya: ambil beberapa lembar daun binahong lalu tumbuk hingga halus. Lalu oleskan pada kulit yang terluka dengan lembut.

3. Mencegah Diabetes

Daun binahong mampu mencegah seseorang menderita penyakit diabetes. Kandungan senyawa steroid, flavonoid, dan kumarin dipercaya dapat mencegah pemecahan dan penyerapan gula di usus. Selain itu, ketiga senyawa tersebut mampu meningkatkan produksi insulin.

Cara penggunaannya, ambil dan bersihkan 11 lembar daun binahong, lalu rebus hingga matang. Jika sudah, tuang ke dalam gelas dan minum selagi hangat.

4. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Khasiat daun binahong selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan ginjal. Ekstrak daun ini dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal, terutama bagi penderita penyakit ginjal kronis.

Cara penggunaannya, ambil dan bersihkan 7 lembar daun binahong, lalu rebus hingga matang. Jika sudah, tuang ke dalam gelas dan minum selagi hangat.

5. Mengatasi asam urat dan rematik

Apakah tubuh Anda terasa sakit? Cobalah untuk rutin mengamalkan daun binahong. Selain itu, daun binahong mengandung flavonoid yang berkhasiat mencegah pembentukan asam urat dalam tubuh.

Cara penggunaannya ada dua, pertama daun binahong ditumbuk hingga halus, kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. Cara kedua adalah dengan meminum air rebusan daun binahong dengan tambahan sesendok madu.

6. Mengatasi jerawat

Ternyata obat binahong bisa mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit. Cara penggunaannya juga mudah, cukup ambil 5 lembar daun binahong, lalu tumbuk hingga halus.

Setelah selesai, usapkan daun binahong ke seluruh wajah dengan lembut seperti menggunakan masker wajah. Lakukan hal ini secara rutin setiap malam sebelum tidur.

7. Menyembuhkan Batuk

Batuk yang tidak kunjung sembuh tentunya sangat membantu dalam beraktivitas sehari-hari. Jika mengonsumsi obat medis masih belum berhasil, cobalah meminum ramuan daun binahong.

Cara penggunaannya, ambil dan cuci 10 lembar daun binahong. Setelah itu rebus daunnya hingga matang, lalu tuang ke dalam gelas dan minum selagi hangat.

8. Mengatasi Anemia

Khasiat daun binahong yang terakhir adalah dapat mengatasi anemia. Sebagai informasi, anemia terjadi karena tubuh memproduksi terlalu sedikit sel darah merah. Untuk meningkatkan sel darah, dianjurkan mengonsumsi daun binahong.

Soalnya, daun binahong mengandung zat besi alami yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan mengenai delapan manfaat daun binahong bagi tubuh. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Menonton video “Makan Siang Rp 15 Ribu di Jakarta dan Tangsel, Dapat Apa?
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *