Jakarta

Jelang Ramadan, harga sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan. Hal ini membuat netizen bernostalgia dengan harga makanan di masa lalu. Gula pasir harganya Rp 1.300.

Kenaikan harga sejumlah bahan pokok jelang Ramadhan dan Idulfitri dibenarkan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi.

Salah satunya adalah harga beras yang dipicu oleh kenaikan harga gabah. Jika harga gabah Rp 8.000 per kilogram, maka harga beras bisa dua kali lipat dari harga per kilogram.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Oleh karena itu, di media sosial, netizen bersatu mengingat harga makanan pada suatu waktu. Seperti yang diunggah pengguna akun X @KepaArgawinata7 (25/02/24).

Harga bahan pokokHarga sembako tahun 1992. Foto: X @KepaArgawinata7

Dalam unggahannya ia menunjukkan bukti bukti pembayaran saat berbelanja di supermarket Gelael di MT Haryono. Terlihat kuitansinya pada tahun 1992.

“Siapa bilang harga naik dan mahal? Saya hanya mengeluarkan Rp 50.000 dan mendapat banyak dan tetap mendapatkan sesuatu kembali,” bunyi pernyataan itu.

Dalam bukti pembayarannya, ia terlihat berbelanja berbagai produk, mulai dari sembako hingga makanan ringan. Total pembelian hanya mencapai Rp 45.100.

Netizen kaget karena harga bahan pokok tahun 90an murah. Misalnya harga gula pasir Rp 1.300 per kilogram.

Sementara tahun ini harga gula pasir bisa mencapai Rp 18.000-Rp 20.000 per kilogram. Lalu ada margarin seharga Rp 890, dan tepung terigu Rp 995.

Harga bahan pokokHarga bahan pokok Foto: iStock

Ada pula harga susu Rp 2.090, minyak goreng Rp 8.655, dan aneka snack seperti yoghurt seharga Rp 400, minuman sehat seharga Rp 1.590, dan masih banyak lagi.

Unggahan tersebut sukses mengundang beragam reaksi dari netizen. Banyak netizen yang rindu masa lalu ketika harga makanan dan kebutuhan masih sangat murah.

“Tenang aja gan, bawa saja kwitansinya,” tulis salah satu warganet.

“Bunda betul, harga makanan dulu murah. Harga sembako masih di bawah Rp 5.000,” tulis warganet lain.

Menonton video “Makan Siang Rp 15 Ribu di Jakarta dan Tangsel, Dapat Apa?
[Gambas:Video 20detik]
(rak/rak)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *