Jakarta

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk minum air putih. Kenali 7 tanda terlalu banyak minum air putih berikut ini.

Penting untuk memenuhi kebutuhan air minum harian Anda untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dengan begitu, berbagai organ tubuh dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

Tapi hati-hati jangan minum terlalu banyak air. Kelebihan air ini juga bisa berbahaya bagi kesehatan, seperti dehidrasi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Seperti dilansir WebMD, asupan air terlalu banyak alias overhidrasi bisa menyebabkan keracunan air atau gangguan fungsi otak.

Sel-sel tubuh menyimpan terlalu banyak air, termasuk sel-sel otak. Sel bisa membengkak dan menyebabkan tekanan pada otak. Anda mungkin mengalami sakit kepala, kebingungan, dan kantuk. Bahkan tekanan yang meningkat pun bisa memicu hipertensi.

Tubuh yang mengalami dehidrasi akan menunjukkan beberapa tanda sebagai berikut:

1. Membersihkan urin

Ilustrasi seorang wanita sedang minum air atau air mineralUrine yang berwarna bening bisa menandakan Anda mengalami dehidrasi berlebih. Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra

Warna urine menunjukkan keadaan hidrasi tubuh Anda. Dehidrasi ditandai dengan urin berwarna gelap, sedangkan overhidrasi ditandai dengan urin jernih.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik justru menghasilkan urine berwarna kuning pucat.

Jika urin Anda jernih seperti air, sebaiknya kurangi asupan cairan.

2. Terlalu sering buang air kecil

Terlalu banyak air mendorong Anda untuk lebih sering ke toilet. Normalnya, orang buang air kecil 6-8 kali sehari. Jika angka ini meningkat hingga 10 kali lipat, berarti Anda terlalu terhidrasi dan ini setara dengan seseorang yang rutin meminum kafein dan alkohol.

3. Kelelahan

ilustrasi kelelahan/nyeri leherKelelahan juga bisa menjadi tanda overhidrasi. Foto: Getty Images/Cecilie_Arcurs

Yang terbaik adalah mengontrol asupan cairan untuk menghindari hiponatremia.

Dilansir dari Healthshots, hiponatremia ditandai dengan rendahnya kadar natrium dalam darah. Akibatnya terjadi penurunan tingkat energi, kantuk dan kelelahan terus-menerus.

4. Kebingungan

Kebingungan dan disorientasi menandakan terlalu banyak air. Menurut Business Insider, kadar elektrolit tubuh turun, termasuk natrium.

Anda harus berhati-hati karena dalam kasus ekstrim, kebingungan bisa menjadi tanda pembengkakan sel otak. Dalam situasi seperti ini, orang bisa kejang dan kehilangan kesadaran.

5. Mual dan muntah

Itu sebabnya sebagian orang mengalami mual dan muntah setelah minum kopiSalah satu tanda overhidrasi adalah mual dan muntah. Foto: Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/

Terkadang tanda-tanda overhidrasi mirip dengan dehidrasi. Ginjal tidak mampu membuang kelebihan cairan dan cairan mulai menumpuk. Anda mungkin juga mengalami mual, muntah, dan bahkan diare.

6. Sakit kepala berdenyut

Sakit kepala, terutama disertai sensasi berdenyut, bisa menandakan terlalu banyak air dan dehidrasi.

Sel-sel tubuh termasuk sel otak membengkak, kelenjar membesar dan otak menekan tulang tengkorak. Stres juga memicu sakit kepala berdenyut.

7. Mudah kejang

Kondisi tubuh yang terlalu banyak cairan menyebabkan kadar elektrolit tubuh rendah. Kondisi ini cenderung menyebabkan kram dan kejang otot.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul “7 Tanda Anda Terlalu Banyak Minum Air Putih”

Menonton video “Makan Siang Rp 15 Ribu di Jakarta dan Tangsel, Dapat Apa?
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *