Jakarta

Penderita diabetes perlu memperhatikan asupan makanan sehari-harinya. Salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah buah-buahan dan sayur-sayuran yang tinggi serat, seperti berikut ini.

Diabetes adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak mampu memproduksi insulin, mulai dari produksi yang sedikit atau mengalami resistensi insulin.

Hormon insulin sebenarnya bekerja menyerap glukosa (gula) dalam darah dan mengubahnya menjadi energi bagi sel-sel tubuh. Jika fungsi insulin terganggu, maka kadar glukosa darah akan terus meningkat hingga ke tingkat yang berbahaya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dalam mengatasi masalah tersebut, penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Sebaliknya, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi, seperti makanan yang tinggi serat.

Serat merupakan karbohidrat kompleks yang tidak dapat diuraikan oleh sistem pencernaan tubuh. Serat juga tidak menambah kalori sama sekali bagi tubuh.

Inilah sebabnya mengapa penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat. Selain itu, makanan dan minuman tinggi serat juga baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan menurunkan berat badan.

Merangkum Times of India (22/02), berikut 5 buah dan sayur berserat tinggi yang cocok dikonsumsi penderita diabetes:

1. Banding

Tipe kepribadian berdasarkan apel, pisang, dan nanas.Apel kaya akan serat yang cocok untuk mengobati diabetes. Foto: iStock

Apel merupakan buah dengan kandungan gula alami. Buah ini juga tinggi serat, apalagi jika dimakan bersama kulitnya.

Kandungan serat pada apel mampu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Kondisi ini menyebabkan gula masuk ke dalam darah secara perlahan, sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara tiba-tiba.

Apel juga mengandung polifenol yang baik untuk memperlambat proses pencernaan karbohidrat dalam tubuh dan menurunkan kadar gula darah.

Kandungan antioksidannya juga baik untuk mengontrol gula darah bagi penderita diabetes.

2. buah beri

Ilustrasi blueberryBuah beri dapat mencegah stres oksidatif yang terkait dengan resistensi insulin. Foto: Getty Images/bernie_photo

Buah beri merupakan jenis buah lain yang baik untuk penderita diabetes. Buah ini relatif rendah gula dibandingkan buah lainnya. Namun, buah beri kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin.

Kandungan antioksidannya juga dapat mencegah stres oksidatif yang berkaitan erat dengan resistensi insulin dan menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan kronis.

Anda bisa mengonsumsi buah beri, mulai dari stroberi, blueberry, hingga raspberry.

Buah dan sayur lainnya yang cocok untuk penderita diabetes bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Antri satu jam untuk jus buah segar Rp 15 ribu
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *