Jakarta

Tanggal mempunyai jenis yang berbeda-beda. Dari sekian banyak varietas kurma yang tersedia, beberapa kurma dinobatkan sebagai kurma terbaik dan terpopuler di dunia. Apa yang ada dalam daftar?

Kurma diproduksi di berbagai negara dengan jumlah saat ini tercatat di 37 negara. Hingga tahun 2021, Mesir menduduki peringkat pertama sebagai negara penghasil kurma terbesar di dunia.

Mengutip laman Helgi Library, total produksi kurma pada tahun 2021 di seluruh dunia mencapai 9,6 juta ton. Setiap negara yang masuk dalam daftar produsen kurma ini mempunyai varietas unggul masing-masing.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Setiap jenis kurma mempunyai rasa, warna dan bentuk yang sedikit berbeda satu sama lain.

Berikut beberapa jenis kurma terbaik di dunia, mengutip laman Taste Atlas.

1. Deglet-Nour

7 Jenis Kurma Selain Medjool dan Ajwa, Tak Kalah Istimewanya!tanggal Foto: Jakarta

Kurma jenis ini paling banyak digunakan di seluruh Afrika Utara.

Kurma ini berasal dari Aljazair dan ukurannya sedikit lebih kecil. Kurma ini mempunyai warna agak kekuningan dengan daging buah hampir bening.

Dari segi rasa, kurma jenis ini memiliki rasa manis, sedikit pedas, dan tekstur seperti karamel. Kurma Deglet nour juga banyak ditanam di Israel dan Amerika Serikat.

Selain dimakan biasa, deglet nour juga sering dijadikan campuran salad dan kue kering.

2. Medjool
Kurma medjool pertama kali ditanam di Talifalt, Maroko.

Saat ini kurma Medjool banyak dibudidayakan di Timur Tengah dan Afrika Utara. Sedangkan produsen dan eksportir utama kurma jenis ini adalah Israel.

Dari segi rasa, kurma ini hampir mirip dengan karamel dengan tekstur lebih kenyal. Kurma ini juga kaya akan serat, potasium, dan antioksidan.

Kurma ini juga berukuran lebih besar dan manis dibandingkan jenis lainnya.

3. Tanggal Siwa
Selama 3 ribu tahun, para petani Oasis Siwa di gurun Mesir Barat telah menggunakan air di gurun tersebut untuk menanam kurma yang kenyal.

Tiga tipe terpenting adalah Siwi, Azzawi, dan Frehi. Namun ada tiga varietas lain yang diproduksi dalam jumlah kecil dan berisiko punah seperti Ghazaal, Takdat, dan Amnzou.

4. Kurma Mazafati
Kurma Mazafati merupakan salah satu jenis kurma asal Iran yang terkenal dan sangat disegani karena rasanya yang manis, lembut, dan teksturnya kenyal.

Kurma ini sebagian besar ditanam di wilayah selatan Iran. Provinsi Bam adalah produsen dan eksportir terbesar.

Kurma Mazafati berukuran sedang, berwarna gelap dan kebanyakan dimakan segar. Kurma ini biasanya dimakan sendiri sebagai camilan atau dipadukan dengan kacang-kacangan, keju, oat, dan yogurt.

5. Kurma Ajwa

9 Fakta Kurma Ajwa, Favorit Nabi Muhammad SAW yang kaya nutrisi9 Fakta Kurma Ajwa Favorit Nabi Muhammad SAW yang kaya nutrisi Foto: Getty Images/iStockphoto/afby71

Kurma Ajwa merupakan salah satu jenis kurma terkenal yang berasal dari Madinah, Arab Saudi. Kurma ini berwarna coklat tua hingga hampir hitam.

Teksturnya agak kering, lembut dan kenyal. Sementara itu, rasanya kenyal dan manis dengan sedikit rasa kayu manis, karamel, dan madu.

Kurma ajwa kaya akan protein, serat, lemak sehat, serta vitamin seperti A, B6, C, E, dan K. Selama dan setelah kehamilan, konsumsi kurma ajwa dapat melancarkan peredaran darah ibu dan bayi.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul “5 Jenis Kurma Terpopuler di Dunia, Favoritmu?”

Menonton video “KuTips: Bikin Infused Water Kurma untuk Jaga Stamina Saat Puasa!
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *