Jakarta

Siapa yang suka manggis? Buah dengan kulit berwarna ungu tua dan daging buah berwarna putih cerah ini memiliki rasa yang manis dan asam. Saat ini manggis dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak dan diolah.

Dengan nama latin Garcinia mangostana Linn, manggis merupakan tanaman asli Indonesia. Tak hanya enak, manggis juga punya banyak manfaat untuk kesehatan!

Manfaat Manggis untuk Kesehatan

Manggis mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin C, vitamin B1, vitamin B9, mangan, tembaga hingga magnesium.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dengan kandungan tersebut, inilah manfaat buah manggis untuk kebaikan tubuh.

Mengutip Healthline, penelitian dilakukan selama 8 minggu dengan tambahan konsumsi jus manggis sebanyak 90, 80, atau 270 mg. Hasilnya, indeks massa tubuh mereka lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Para ahli berteori bahwa efek anti-inflamasi manggis dapat meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat manggis.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan serat dan vitamin C pada manggis penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. Serat mendukung bakteri usus yang sehat, sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk fungsi berbagai sel kekebalan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu pada manggis mempunyai sifat antibakteri. Kandungan tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan melawan bakteri yang berpotensi membahayakan.

3. Kaya Antioksidan

Manggis mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C dan mangan. Ada pula xanthone, senyawa unik yang diketahui memiliki sifat antioksidan kuat.

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menetralisir efek merusak dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Molekul berbahaya ini terkait dengan berbagai penyakit kronis.

4. Mencegah tumbuhnya kanker

Selain memiliki antioksidan kuat, xanthone pada manggis juga memiliki efek anti inflamasi yang membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker.
Beberapa penelitian tabung menunjukkan bahwa xanthone dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk sel kanker di payudara, lambung, dan paru-paru.

Hal ini tentu bisa memberikan harapan baru dalam mencegah penyakit kanker. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

5. Baik untuk kesehatan mata

Vitamin C, E, dan antioksidan lainnya dapat bermanfaat bagi kesehatan mata. Menurut situs Pemda Jambi, kandungan ini dapat membantu mencegah penyakit mata terkait usia dan memberikan perlindungan tambahan pada penglihatan mata.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan xanthone pada manggis juga dapat mengontrol gula darah. Mengutip website Kementerian Kesehatan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap hari dapat menurunkan resistensi insulin secara signifikan. Seperti diketahui, resistensi insulin menjadi penyebab utama penyakit diabetes.

7. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah manggis baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Pasalnya, pola makan tinggi serat dapat membantu meningkatkan keteraturan buang air besar.

8. Menjaga kesehatan kulit

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit, menimbulkan tanda-tanda penuaan, bahkan menyebabkan kanker kulit. Salah satu buah yang baik untuk menjaga kesehatan kulit adalah manggis.

Sebuah penelitian selama 3 bulan menunjukkan bahwa mengonsumsi 100 mg ekstrak manggis setiap hari dapat meningkatkan elastisitas kulit. Menurut peneliti, sifat antioksidan dan anti-inflamasi manggis adalah alasan utama efek perlindungan ini. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai manfaat ini.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Manggis mengandung potasium, tembaga, magnesium dan mangan. Beberapa zat tersebut membantu mengontrol tekanan darah, mendukung kesehatan jantung, dan mengurangi risiko serangan jantung.

10. Baik untuk Ibu Hamil

Tingginya kandungan asam folat pada buah manggis sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Sebab folat dibutuhkan untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Meski memiliki banyak manfaat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kelebihan kalori. Imbangi juga dengan asupan buah lainnya.

Menonton video “Fakta Makan Jengkol Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal, Benarkah?
[Gambas:Video 20detik]
(setiap/baris)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *