Jakarta

Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) seringkali disarankan untuk minum jus jambu biji untuk meningkatkan kadar trombosit agar cepat pulih. Benarkah jus jambu biji memiliki manfaat tersebut?

Selain diberikan obat, penderita demam berdarah kerap disarankan minum jus jambu biji karena diyakini dapat meningkatkan kadar trombosit yang rendah. Namun ternyata cara tersebut belum terbukti efektif secara ilmiah.

“Belum ada bukti jambu biji dan buah merah meningkatkan trombosit,” kata dokter spesialis penyakit dalam Soekamto saat dihubungi CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Senada dengan Soekamto, pakar penyakit dalam, Ari Sejati juga mengatakan, belum ada bukti kuat jus jambu biji bisa meningkatkan trombosit.

Meski demikian, ia tidak melarang pasien mengonsumsi jus jambu biji atau obat herbal lainnya selama keduanya aman dikonsumsi.

“Bisa diminum sebagai suplemen, bukan sebagai obat utama. Yang utama adalah cairan infus dan pengawasan ketat,” tambahnya dalam wawancara terpisah.

Lebih lanjut, Soekamto menjelaskan dampak infeksi virus tidaklah sederhana. Infeksi tidak hanya melibatkan trombosit dan mekanismenya cukup kompleks.

Infeksi demam berdarah menyebabkan trombosit turun, leukosit turun, dan terjadi cairan plasma atau kebocoran pada pembuluh darah.

Meski demikian, bukan berarti jus jambu biji tidak memiliki manfaat langsung. Jambu biji membantu pembentukan trombosit baru, dan membantu menghentikan pertumbuhan virus.

Kemudian kandungan vitamin C, kalsium dan mineral lainnya pada jambu biji dapat membantu pemulihan dan meningkatkan kesehatan pasien demam berdarah.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul Benarkah jus jambu biji bisa meningkatkan trombosit pada penderita demam berdarah?

Menonton video “Makan Siang Rp 15 Ribu di Jakarta dan Tangsel, Dapat Apa?
[Gambas:Video 20detik]
(dll/tambahan)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *