Jakarta

Menyoroti ide makan siang gratis, chef Arnold Poernomo angkat bicara. Ini perhitungan harga yang paling layak untuk kebutuhan pangan menurutnya.

Pada debat capres-cawapres lalu, pasangan nomor urut 2 itu memberikan ide makan siang gratis. Makan siang gratis tersebut akan diberikan kepada seluruh pelajar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ide makan siang gratis juga disebut-sebut memiliki biaya khusus. Disebutkan, akan disediakan Rp 15.000 untuk setiap porsi makannya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Menanggapi gagasan tersebut, celebrity chef Arnold Poernomo pun angkat bicara. Ia mencoba merinci harga pangan dengan perhitungan detail dan inilah hasilnya.

Menanggapi Tunjangan Makan Siang Rp 15.000, Ini Perhitungan Chef ArnoldMenanggapi ide program makan siang gratis, chef Arnold membuat perhitungan detail. Foto: X/Arnold Poernomo

Menyiapkan makanan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Bahan makanan harus disiapkan dan didistribusikan secara merata. Melalui akun X miliknya (1/3), chef Arnold Poernomo mencoba menjelaskan perhitungan biaya makan siang gratis.

Seiring dengan kenaikan harga bahan pokok yang terus meningkat, perlu dilakukan perhitungan yang cermat terkait program makan gratis ini. Mulai dari nasi, bumbu-bumbu yang diperlukan, hingga lauk pauk seperti asupan protein dan sayur.

Chef Arnold Poernomo menjelaskan harga beras saat ini Rp 18.000 per kilogram, cukup untuk dibagi menjadi 20 porsi dengan berat masing-masing 50 gram. Harga beras yang dibutuhkan tercatat sebesar Rp 900.

Dilanjutkan dengan lauk pauk berupa telur yang diperkirakan berharga Rp 2.450 per butir. Chef Arnold juga mencatat biaya yang diperlukan untuk menyiapkan 150 gram sayur untuk satu porsi makan gratis seharga Rp 3.750.

Menanggapi Tunjangan Makan Siang Rp 15.000, Ini Perhitungan Chef ArnoldBaginya, menu makan siang tidak mungkin berharga Rp 15.000. Foto: X/Arnold Poernomo

Selain itu, kebutuhan akan rempah-rempah, minyak dan bumbu lainnya juga harus diperhatikan. Melalui perhitungannya, chef Arnold memperkirakan kebutuhan bahan tersebut berkisar Rp 4.000 per porsi.

Totalnya sekitar Rp 14.200, kalau pakai daging sapi mungkin sedikit lebih mahal tapi sisanya bisa disesuaikan, kata chef Arnold Poernomo.

Perlu diketahui, harga detail yang dihitung ulang ternyata Rp 15.100 hanya untuk persiapan makanan. Masih banyak persyaratan lain di luar proses memasak yang juga perlu diperhatikan, antara lain upah dan fasilitas pekerja yang perlu disediakan.

Unggahannya langsung menarik perhatian lebih dari 517 ribu pengguna X. Banyak komentar yang menanggapi cuitan tersebut menanggapi perhitungan detail chef Arnold.

“Gaji juru masaknya berapa? Budget makannya juga besar di Indonesia,” tulis warganet.

“Mau bayar ke dokter gizi berapa? Kebutuhan gizi tiap anak kan beda-beda, nggak bisa disamakan. Belum lagi anak Indonesia pasti alergi semua? Itu tidak realistis,” sambung netizen lainnya.

Menonton video “Saat Jun Han Xdinary Heroes Review Rendang
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *