Banjarnegara

Kalau ke Dieng, kamu bisa mencicipi sajian khas berupa sop daging sapi dengan kuah merah. Meski dibuat dengan banyak cabai, rasa pedasnya tetap bisa Anda nikmati.

Dinginnya cuaca di Dieng bisa dilawan dengan menikmati santapan hangat berupa soto. Salah satu menu spesialnya adalah soto daging dengan kuah merah.

Kuliner ini banyak dijual di pasar tradisional Batur, Banjarnegara. Nama tempatnya adalah warung soto Mbak Inung yang berdiri sejak 15 tahun lalu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Warna kuah soto yang merah di sini selalu menarik selera pembeli. Meski memiliki aroma rempah yang kuat, sup ini memiliki rasa yang cukup segar.

Rasa pedasnya juga menjadi sensasi tersendiri. Apalagi dinikmati di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 1500 meter di atas permukaan laut.

Pemilik warung soto daging soto merah, Inung mengatakan, warna merah pada soto ini berasal dari cabai giling. Namun sup ini tidak terlalu pedas saat disantap.

Rebusan daging sapi cabai merah di pasar Batur, Banjarnegara sekitar dataran tinggi Dieng.Rebusan daging sapi cabai merah di pasar Batur, Banjarnegara sekitar dataran tinggi Dieng. Foto: Uje Hartono/detikJateng

Bagi yang suka lebih pedas bisa menambahkan sambal sesuai selera.

“Rasanya pedas karena kita masukkan cabai merah. Tapi kalau dimakan tidak terlalu pedas. Kalau suka pedas bisa ditambah sambal sesuai selera,” tuturnya.

Selain itu, Inung bercerita kepada pembeli bahwa soto ini bisa dinikmati dengan ketupat atau nasi putih sesuai selera. Biasanya pembeli memadukannya dengan tahu atau tempe kemul.

“Ada yang suka dimakan dengan nasi putih, ada pula yang pakai ketupat. Itu sesuai selera. Tapi campuran lainnya tahu dan tempe kemul,” ujarnya.

Rebusan daging sapi cabai merah di pasar Batur, Banjarnegara sekitar dataran tinggi Dieng.Rebusan daging sapi cabai merah di pasar Batur, Banjarnegara sekitar dataran tinggi Dieng. Foto: Uje Hartono/detikJateng

Dalam sehari, warung yang buka mulai pukul 07.30 WIB hingga 16.30 WIB ini menjual lebih dari 100 mangkok sop daging. Seporsi soto daging ini dijual seharga Rp 25 ribu.

Harganya Rp 25 ribu per porsi. Rata-rata sehari sekitar 100 porsi, jelas Inung.

Sementara itu, salah satu pelanggan sop daging sapi Mbak Inung, Elis, mengaku selalu menyempatkan diri mampir jika berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng.

“Saya selalu mampir ke sini kalau ke Dieng. Ini perjalanan ke Dieng dari Banjarnegara,” ujarnya saat ditemui di warung soto daging cabai merah, Sabtu (2/3/2024).

Menurutnya, rasa kuah soto daging ini enak dan bumbunya menonjol.

“Rasanya enak dan kuahnya enak. Apalagi bisa menghangatkan badan, cocok dinikmati di cuaca dingin seperti sekarang,” ujarnya.

Menonton video “Soto Kuah Lezat dengan Potongan Daging Empuk Rasa Spesial, Blitar
[Gambas:Video 20detik]
(rak/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *