Jakarta

Jika Anda lapar namun tak ingin menyantap makanan berat, camilan bisa menjadi pilihan. Cemilan gurih, asin, dan pedas biasanya menjadi favorit banyak orang. Namun tak sedikit juga orang yang menyukai makanan manis untuk mengenyangkan perutnya.

Namun terkadang, ada kalanya Anda tidak ingin keluar rumah untuk membeli jajan. Meski bisa membeli secara online, namun butuh banyak waktu untuk sampai ke rumah. Jika iya, membuat jajanan sendiri di rumah adalah solusinya.

Ada jajanan kekinian yang mudah dibuat. Bahan yang dibutuhkan juga sederhana dan harganya pun tidak terlalu mahal. Beberapa jajanan ini juga bisa dijadikan ide berjualan karena bisnis makanan saat ini sedang banyak peminatnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ingin tahu? Temukan jajanan sederhana yang mudah dibuat pada uraian di bawah ini.

Jajanan Kekinian yang Mudah

Berikut rangkaian kreasi makanan ringan dengan bahan dan cara pembuatan yang sederhana.

1. Mie Canai Kering

Bahan dasar mie gulung kering adalah mie kuning. Cemilan ini akan diberi bumbu agar rasanya enak dan pedas.

Cara membuat mie gulung kering cukup mudah. Mie kuning mentah atau direbus sebentar bisa digulung menjadi simpul, lalu digoreng kering dengan minyak panas. Setelah itu, mie bisa ditaburi bubuk bumbu berbagai rasa sesuai selera. Jika tidak ingin bumbu halus, mie bisa ditaburi bumbu basah.

Bumbu basah bisa dibuat dengan cara menumis cabai merah, cabai merah, dan bawang putih, lalu ditumis hingga harum. Tambahkan daun jeruk yang diiris tipis untuk menambah aroma serta tepung kanji, garam dan gula pasir, lalu tumis hingga matang.

Bumbu basah ini kemudian bisa ditaburkan pada mie kuning goreng kering, lalu diaduk rata. Cemilan mie gulung kering sudah siap dan bisa menjadi teman camilan yang nikmat.

2. Keripik Kulit Pangsit

Sesuai dengan namanya, jajanan keripik kulit pangsit ini terbuat dari kulit pangsit. Jika tidak punya, kulit lumpia bisa jadi alternatifnya.

Cara membuat jajanan ini sangatlah mudah. Kulit pangsit diolesi air sebagai perekat, lalu digulung rapi. Setelah itu, kulit pangsit dipotong atau diiris secara diagonal.

Sebelum masuk ke tahap penggorengan, minyak yang sudah disiapkan ditambah dengan beberapa sendok gula pasir lalu api dinyalakan. Goreng gula hingga larut dan berubah warna menjadi coklat. Selanjutnya masukkan kulit pangsit dan goreng hingga kering merata.

Kulit pangsit kering bisa diangkat dan dikeringkan. Dan keripik kulit pangsit manis yang bisa dimakan.

3. Aroma tongkat

Aroma stick bisa dibuat hanya dengan tiga bahan. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah kulit lumpia, gula pasir, dan keju atau coklat batangan

Pertama, potong keju atau coklat memanjang. Kemudian letakkan keju atau coklat dan gula pasir di tengah kulit lumpia. Lanjutkan menggulung kulit lumpia dan tambahkan sedikit air sebagai perekat.

Setelah semua bahan tercampur, goreng lumpia dalam minyak dengan api sedang hingga berwarna cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan setelah matang, dan batang aromatiknya yang lezat sangat cocok untuk mengenyangkan saat Anda lapar.

4. Semangkuk Mie

Ada lagi jajanan kekinian enak berbahan mie kuning yaitu mee mangk. Selain mie kuning, bahan yang digunakan adalah kulit pangsit, sosis cincang, telur, tepung tapioka, dan irisan bawang bombay.

Cara membuat mie mangkok cukup sederhana. Rebus mie kuning terlebih dahulu hingga matang, lalu angkat dan tiriskan. Lalu masukkan mie, sosis cincang, sebutir telur, sedikit singkong, dan irisan bawang bombay ke dalam wadah. Tambahkan juga tepung kanji, garam, merica, sambal dan kecap manis secukupnya, lalu aduk rata.

Untuk kulit pangsitnya bisa dipotong bagian sudutnya terlebih dahulu, lalu tambahkan tepung dan bentuk mangkuk. Lanjutkan mengisi mangkuk pangsit dengan campuran mie sebelumnya. Setelah itu bisa digoreng hingga berwarna keemasan.

Dan camilan mie mangkuk ini, yang renyah di luar namun lembut di dalam, bisa mengenyangkan saat lapar.

5. Roti Goreng Isi

Jika Anda memiliki roti tawar di rumah, Anda bisa menjadikannya sebagai camilan roti goreng isi. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Roti tawar terlebih dahulu ditipiskan menggunakan rolling cake. Isiannya sesuai selera, bisa coklat, keju, vanilla atau rasa lainnya. Tapi ingat, bagian tengah rotinya harus kental agar tidak hancur.

Setelah isian dimasukkan ke dalam roti, lipat roti menjadi dua dan rekatkan pinggirannya agar isian tidak bocor. Lalu kocok telur dan celupkan roti gulung secara merata ke dalamnya, lalu lumuri roti dengan tepung panir.

Panaskan minyak lalu goreng roti hingga berwarna keemasan, angkat dan sisihkan. Dan isian roti gorengnya pun siap dinikmati.

Nah itulah beberapa jajanan kekinian sederhana yang mudah dibuat. Jajaran jajanan ini juga bisa menjadi ide jualan.

Menonton video “Makan Nasi Uduk Kaum 58 dengan berbagai macam lauk pauknya
[Gambas:Video 20detik]
(usn/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *