Jakarta

Ada Warung Nasi Kandar Dibuka di Jakarta, Netizen Malaysia pun Tertawa. Mereka takut nasi kandar diklaim sebagai makanan khas Indonesia.

Nasi kandar merupakan makanan khas Malaysia yang berbentuk nasi campur. Nasi kandar umumnya terdiri dari nasi, kuah kari, dan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan, dan daging.

Belum lama ini warung nasi kandar dibuka di Jakarta. Nama warungnya adalah Kedai Nasi Kandar yang terletak di LCC Adityawarman lantai 2, Jakarta Selatan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Banyak pecinta kuliner yang penasaran mencicipi nasi kandar di sana. Tak terkecuali pecinta kuliner dengan akun TikTok @nyamwithinop.

Warung Nasi Kandar Dibuka di Jakarta, Netizen Malaysia Takut Digugat IndonesiaKedai Nasi Kandar Buka di Jakarta, Netizen Malaysia Takut Digugat Indonesia Foto: TikTok @nyamwithinop

Melalui video TikToknya (29/12/23) memperlihatkan momen dirinya menyantap nasi kandar di sana. Ia tampak antusias menyantap nasi kandar kuah kari tanpa santan.

Sebagai penggemar nasi kandar, pecinta kuliner ini merasa tak perlu jauh-jauh ke Malaysia jika ingin menyantap nasi kandar. Dia memesan dua bungkus nasi kandar.

Ada Nasi Kandar Ayam seharga Rp 49.000 dan ada Nasi Kandar Berjaye seharga Rp 79.000. Selain itu, ada juga pilihan ala carte berupa ekstra ubi dengan harga Rp 7.000 dan cumi dengan harga Rp 34.000.

Selain nasi kandar, kedai ini juga menawarkan beragam minuman khas Malaysia. Ada Ais Teh Tarik dengan harga Rp 20.000 dan Ais Chendol Melaka dengan harga Rp 35.000, lapor World of Buzz (04/02/24).

Warung Nasi Kandar Dibuka di Jakarta, Netizen Malaysia Takut Digugat IndonesiaKedai Nasi Kandar Buka di Jakarta, Netizen Malaysia Takut Digugat Indonesia Foto: TikTok @nyamwithinop

Video tersebut viral dan mengundang beragam reaksi dari netizen Malaysia. Ada yang bangga dan ada pula yang sinis dengan dibukanya warung nasi kandar di Jakarta.

“Orang Malaysia di negaranya sebenarnya cari makanan Indonesia. Tapi orang Indonesia juga cari nasi kandar, keren banget persaudaraan ini,” tulis netizen.

“Setidaknya sudah 2-3 tahun mereka mengklaim bahwa nasi kandar adalah makanan khas Indonesia,” tulis seorang netizen Malaysia yang kemudian memicu perdebatan di kalangan netizen Indonesia.

“Tidak ada sejarah kita mengklaim masakan dari negara lain enak, bukankah sebaliknya? Bukankah Malaysia yang suka mengklaim budaya kita, mulai dari reog, rendang, batik?” tulis seorang netizen Indonesia.

Menonton video “Bikin Lapar: Coba Nasi Kandar Malaysia Pertama di Bandung
[Gambas:Video 20detik]
(rak/audio)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *