Jakarta

Menurut prediksi para ahli, kopi mocktail akan menjadi tren di tahun 2024. Ternyata, inilah manfaat sehat dari mengonsumsi kopi campur buah.

Seiring berjalannya waktu, kopi tidak hanya dihidangkan sebagai minuman hitam pahit saja. Di penghujung tahun 2023, banyak barista dan pakar yang memperkirakan kopi mocktail akan menjadi tren di tahun 2024.

Coffee mocktails atau kopi mocktail adalah racikan kopi yang terinspirasi dari minuman cocktail namun dibuat tanpa alkohol. Sarananya bisa bermacam-macam bumbu hingga buah-buahan yang menyegarkan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Belakangan ini banyak dikembangkan campuran kopi dengan menambahkan buah-buahan ke dalamnya. Ternyata tak hanya menyegarkan, mocktail kopi dengan tambahan buah juga punya manfaat untuk kesehatan.

Baca juga: Begini Cara Minum Air Aman Tanpa Kontaminasi Partikel Nanoplastik

Berikut 5 manfaat kopi campur buah menurut beberapa sumber:

Kopi mocktail sedang jadi tren, inilah 5 manfaat konsumsi kopi buah campurNutrisi dalam secangkir kopi yang ditambah buah akan lebih kaya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ramann

1. Pola makan yang lebih kaya

Kopi apa pun yang ditambah buah akan mendapat tambahan nutrisi secara alami. Kopi sendiri mengandung antioksidan dan polifenol yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi sel-selnya.

Bila Anda menambahkan nutrisi dan vitamin dari buah, maka kandungannya akan lebih banyak. Misalnya saja tambahan vitamin C dari tambahan buah lemon dan jeruk atau mineral lain yang juga terkandung dalam buah tersebut.

Selain itu, beberapa buah-buahan juga dinilai dapat menambah rasa manis alami pada secangkir kopi. Hasilnya kopi yang Anda nikmati akan lebih rendah kalori dibandingkan dengan menambahkan pemanis buatan.

2. Memperkuat kekebalan tubuh

Kandungan vitamin dan nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi sangat mempengaruhi tubuh. Salah satunya adalah dengan memadukan antioksidan dari kopi dengan vitamin C pada buah.

Kedua komponen ini mencegah stres oksidatif yang berdampak pada kerusakan sel-sel tubuh. Selain itu, saat tubuh sedang sakit, kombinasi antioksidan dan vitamin C akan meminimalisir peradangan karena sifat anti inflamasi keduanya.

Kandungan kopi untuk memperkuat kekebalan tubuh ini bisa didapatkan dengan beberapa buah-buahan yang menyegarkan. Misalnya menambahkan jeruk, jeruk nipis, atau kiwi yang rasanya manis, sedikit asam, namun menyegarkan.

Manfaat kopi campur buah lainnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Fakta Makan Jengkol Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal, Benarkah?
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *