Jakarta

Makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi mampu mencegah berbagai risiko penyakit kronis. Hal ini pada akhirnya membuat orang hidup lebih lama.

Pola makan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kondisi tubuh. Dengan menjalankan pola makan sehat, Anda akan merasakan manfaat jangka panjang, seperti terhindar dari berbagai penyakit.

Nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh antara lain serat, protein, antioksidan, dan vitamin. Konsumsi rutin nutrisi tersebut dapat menurunkan risiko kematian.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Hal ini dibuktikan oleh sebagian besar masyarakat Jepang yang terkenal dengan pola makan sehatnya. Pola makan sehat ini disebut juga dengan diet Okinawa.

Dikutip dari One Peloton (25/10/23) berikut 5 makanan yang bisa bikin panjang umur.

1. Jamur

Masakan jamur segarJamur sering dimakan dalam makanan orang Jepang karena dikaitkan dengan umur panjang. Foto: Getty Images/iStockphoto/goir

Jamur sering dimakan dalam makanan orang Jepang karena dikaitkan dengan umur panjang. Jamur merupakan sumber serat prebiotik yang baik untuk usus.

Menurut ahli gizi Jepang, Asako Misyashita, usus yang sehat akan membantu mengendalikan peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Jamur juga kaya akan antioksidan ergothioneine dan glutathione. Keduanya berperan dalam melindungi sel dan melawan kerusakan oksidatif.

2. Alpukat

Alpukat dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Itu sebabnya alpukat disebut sebagai makanan super. Alpukat adalah sumber serat yang baik.

Selain itu, alpukat juga kaya akan folat dan antioksidan karotenoid. Ada pula fitosterol yang berperan dalam menurunkan kolesterol.

Sementara itu, kandungan lemak tak jenuh tunggalnya dikaitkan dengan penurunan risiko kematian secara keseluruhan sebesar 11%. Para peneliti juga menemukan bahwa alpukat dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%.

Menonton video “Toko vegetarian di Senopati ini menawarkan cita rasa restoran siap saji
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *