Jakarta

Babi merupakan hewan yang diharamkan bagi umat Islam. Namun karena suatu kecelakaan, beberapa umat Islam akhirnya memakannya. Ini adalah kisah viralnya.

Babi merupakan salah satu hewan yang diharamkan untuk dimakan oleh umat Islam. Dalam Al-Quran jelas tertulis bahwa babi adalah hewan yang diharamkan. Salah satunya tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 173.

Artinya: “Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebutkan nama) selain Allah. Akan tetapi, barangsiapa yang terpaksa (memakannya), bukan karena ia menginginkannya dan bukan (juga) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun karena olahan daging babi seringkali terlihat mirip dengan daging olahan lainnya, umat Islam kerap tertipu dengan hal tersebut. Tanpa disadari, mereka menyantap makanan yang mengandung daging babi.

Diantaranya yang terbaru adalah kisah seorang netizen yang tidak sengaja memakan bakso babi. Dalam akun @tanyarlfes (3/3) di

Wanita Ini Tak Sengaja Makan Bakso Babi Sambil Jajan Bakso JalananWanita Ini Tak Sengaja Makan Bakso Babi Saat Jajan di Bakso Kaki Lima Foto: X/Ilustrasi

Sayangnya, dia tidak mengetahui kalau bakso yang dijual adalah bakso babi. Dia marah dan kesal karena tidak ada yang memberitahunya, padahal dia berjilbab.

“Pantas saja pembelinya kebanyakan orang Chindo. Untung ada cewek yang bilang kalau bakso itu ada daging babinya. Aku langsung kaget dan berhenti mengunyah. Baksonya tinggal satu, aku makan berapa?” dia menulis. Kisah tersebut akhirnya menjadi viral di media sosial.

Lalu ada kisah seorang muslimah yang tidak sengaja memakan jajanan impor yang mengandung daging babi. Kisahnya dibagikan di akun TikTok @hanstuuu_.

Wanita itu bersama kedua temannya terlihat menyantap jajanan asal Korea Selatan, Kkobuk Chip, yaitu churros dengan isian coklat. Netizen ini pun asyik melahapnya, hingga ia menyadari ada keterangan 'berisi babi' di kemasan camilan tersebut.

“Ada babi! Kamu tidak boleh makan daging babi, aku sudah bilang sebelumnya jangan mengambilnya,” kata pemilik akun @hanstuuu_ dalam video tersebut.

Duh!  Muslim Ini Tak Sengaja Makan Jajanan Berisi Daging BabiDuh! Muslim Ini Tak Sengaja Makan Jajanan Daging Babi Foto: TikTok.hanstuuu_

Tak kuasa berkata-kata, ketiga wanita itu hanya bisa tertawa terbahak-bahak sambil mengakui kelezatan jajanan yang baru saja mereka nikmati. Namun belakangan muncul penjelasan dari pemilik video tersebut bahwa jajanan tersebut tidak mengandung daging babi secara langsung, melainkan dalam proses produksinya bersentuhan dengan daging babi.

Kisah umat Islam yang tidak sengaja makan daging babi juga dialami oleh para fotografer makanan. Kisahnya ia ceritakan melalui akun TikTok @ddhivaaaa (31/3/2022).

Wanita bernama Adhiva ini awalnya mendapat permintaan foto produk makanan dari seorang pelanggan. Salah satu makanan yang mirip dengan roti dengan nama gua bao.

Wanita Muslim Ini Tak Sengaja Makan Babi Saat Memotret MakananWanita Muslim Ini Tak Sengaja Makan Babi Saat Mengambil Foto Makanan Foto: TikTok @ddhivaaaa

Dhiva mengira isi gua bao itu daging sapi, tapi ternyata daging babi. Dia memperhatikan hal ini karena warna dagingnya berbeda. Lalu teksturnya seperti daging sapi, tapi rasanya seperti ayam, ujarnya.

Dhiva kemudian menghubungi pemilik produk makanan tersebut. Itu daging babi, tapi pemiliknya tidak memberi tahu kami bahwa makanannya tidak halal.

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *