Jakarta

Jelang Ramadhan, ibu-ibu di rumah juga bisa membuat dan menyimpan kaldu udang sendiri. Caranya mudah, coba ikuti 5 tips berikut ini!

Menghitung hari menuju Ramadhan 2024, ibu-ibu di rumah atau anak asuh pasti sudah mulai menyiapkan bahan-bahan untuk sahur dan berbuka.

Selain bahan-bahannya, seperti ayam, daging, ikan atau sejumlah bumbu halus dan kasar, beberapa masakan juga memerlukan penggunaan kaldu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kaldu yang dipakai tidak harus kaldu sapi atau kaldu ayam, kaldu udang boleh saja. Kaldu udang bisa digunakan untuk memasak sup tiram, sup tauge, sup jamur, sup jagung, sup sayur sawi, bahkan sup shabu-shabu.

Tak perlu bingung mencari kaldu udang di pasaran, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti 5 tips sederhana berikut ini!

1. Cuci kepala dan kulit udang hingga bersih

udangPilihlah udang segar yang berkualitas dan jangan membuang kepala dan kulitnya. Foto: Getty Images/haha21

Pilihlah udang yang segar dan berkualitas. Pasalnya, kaldu udang dibuat menggunakan kepala dan kulitnya.

Oleh karena itu, jika Anda membersihkan udang, sebaiknya jangan langsung membuang kepala dan kulitnya. Bagian udang segar ini dapat disimpan dan diolah menjadi kaldu.

Sebelum diolah, pastikan bagian tersebut dicuci bersih. Cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan bau amis. Kotoran dan residu yang mungkin masih menempel juga bisa dihilangkan dengan bersih.

Setelah dibersihkan jangan lupa ditiriskan agar kulit dan kepala udang segera diolah menjadi kaldu.

2. Panggang kulit dan kepala udang hingga berwarna kemerahan

udangSetelah dibersihkan, kepala dan kulit udang bisa dimasak hingga kering dan berwarna kemerahan. Foto: Getty Images/haha21

Setelah dicuci bersih, kepala dan kulit udang bisa dimasak hingga berwarna kemerahan. Macam-macam caranya, bisa dibakar dengan sedikit minyak di wajan anti lengket hingga berwarna kemerahan dan kering.

Anda juga bisa memasukkannya ke dalam loyang atau loyang panas, lalu memanggangnya hingga berwarna kemerahan dan menjadi kering serta beraroma harum.

Kalau mau lebih mudah bisa langsung dipanggang di oven.

Cara ini dilakukan agar aroma dan rasa udang lebih keluar dan kuahnya menjadi umami.

3. Rebus kulit dan kepala udang dalam panci kecil

Di panci terpisah, siapkan air bersih secukupnya dan rebus air hingga mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan kulit dan kepala udang yang sudah dimasak hingga garing.

Rebus saja menggunakan api kecil. Tunggu hingga air menyusut seperempatnya dan warna kuah agak kecoklatan.

Tips mudah memasak kaldu udang lainnya bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Penjual Takjil Goreng di Masjid Sunda Kelapa Raih Untung di Bulan Ramadhan
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *