Jakarta

Semakin banyak restoran pizza di Jakarta yang menyajikan menu original. Terbaru Massilia Cucina Italiana asal Bangkok yang meraih penghargaan 'Top 50 Pizza' dunia kini resmi dibuka di Jakarta.

Pizza merupakan makanan khas Italia yang populer di seluruh dunia. Hal ini terbukti dengan menjamurnya restoran pizza di berbagai negara dan permintaan masyarakat lokal terhadap hidangan roti bundar dengan topping tersebut.

Pizza asli Italia seringkali diperkenalkan langsung oleh orang atau chef dari Italia. Mereka ingin menyajikan bahan pizza asli yang juga disajikan di negaranya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Hal inilah yang mendasari ide didirikannya Pizza Massilia oleh chef Italia Luca Appino di Bangkok. Pada tahun 2015, ia mendirikan restoran pizza ini di Ruamrudee. Kemudian disusul Massilia Pizza Truck di Khlong Tan Nuea dan Sathorn.

Hampir 10 tahun berdiri, Pizza Massilia telah meraih berbagai penghargaan seperti Top 50 Pizza in the World 2023, Top 50 Pizza in Asia Pacific 2023, The Michelin Guide 'The Plate' 2020, Gambero Rosso Award, Best Service Asia Pacific 2023 dan lain-lain. .

Luca pun memutuskan untuk memboyong Pizza Massilia ke Jakarta. Bernama Massilia Cucina Italiana, restoran pizza berkonsep Italian Gourmet ini dibuka di Arena Square pada 1 Maret 2024. Lokasi tepatnya di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 55-56, Menteng Dalam, Tebet.

Keistimewaan roti pizza yang difermentasi selama 72 jam

Pizza Resto dari Bangkok Raih '50 Pizza Terbaik di Dunia' Kini Hadir di JakartaStefano Criber (tengah) dan Luca Appino (kanan) di area pembuatan pizza di restoran Foto: Massilia Cucina Italiana

Dalam temu media (7/3), Luca membeberkan 3 ciri khas pizza asli Italia yang dibawanya ke Massilia Cucina Italiana. Pertama, menggunakan bahan-bahan asli Italia untuk menonjolkan keunikan pizzanya.

Menurut Luca, tepung terigu, saus tomat, dan keju merupakan 3 komponen utama bahan pizza yang perlu didatangkan dari Italia. “Tepungnya istimewa karena harus kuat dari segi gluten dan sebagainya,” kata Luca.

Kedua, cara memasak pizza. Menurutnya, adonan pizza sebaiknya tidak terlalu cepat terfermentasi. Di Massilia Cucina Italiana, proses fermentasinya bisa memakan waktu hingga 72 jam! Hasilnya, pizza memiliki tekstur yang lembut dan creamy serta mudah dicerna di perut.

Pizza juga perlu dipanggang dalam oven pizza khusus. Di Massilia Cucina Italiana, mereka menggunakan oven impor buatan Italia. Dengan cara ini, pizza memiliki rasa dan aroma smokey tersendiri.

Ketiga, pizza dibuat dengan cinta. “Bagi orang Italia, pizza adalah budaya dan pizza adalah sejarah. Kami menganggap pizza sama pentingnya dengan apresiasi masyarakat negara terhadap budaya kuliner mereka,” kata Luca.

Menu pizza di Massilia Cucina Italiana dibanderol mulai dari Rp 98.000 hingga Rp 175.000. Pilihan menunya pun beragam.

Baca halaman selanjutnya untuk mengetahui kelezatan menu Massilia Cucina Italiana.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *