Jakarta

Batuk dan pilek merupakan penyakit yang umum terjadi, baik pada anak kecil maupun orang dewasa. Tidak jarang masyarakat terserang penyakit ini secara bersamaan sehingga dikenal dengan musim batuk dan pilek.

Batuk dan pilek terkadang bisa disertai demam. Jika hal ini terjadi, tubuh Anda akan terasa lemas, tidak nyaman, dan nafsu makan bisa hilang.

Tak sedikit orang yang menderita batuk dan pilek memilih mengonsumsi obat-obatan yang dibeli di apotek sebagai cara pengobatannya. Di sisi lain, penyakit ini juga bisa diobati dengan pengobatan alami. Yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Buah menjadi salah satu alternatif pengobatan karena berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu melawan infeksi virus penyebab penyakit dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Lantas, buah apa saja yang bisa dimakan untuk obat batuk dan pilek?

Buah yang bisa meredakan batuk dan pilek

Ada beberapa buah-buahan yang ampuh meredakan batuk dan pilek. Buah-buahan ini bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Berikut buah-buahan pereda batuk dan pilek yang diambil dari laman PharmEasy dan Health:

1. Buah jeruk

Buah jeruk seperti jeruk, lemon dan limau mengandung vitamin C dan folat. Kedua nutrisi ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, tingginya kadar asam sitrat pada buah jeruk bisa memperparah sakit tenggorokan jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, buah ini boleh dimakan dalam batas wajar.

Seperti hanya makan jeruk sehari. Air perasan lemon atau jeruk nipis juga bisa diminum, namun dengan menambahkannya ke dalam segelas air hangat dan menambahkan sesendok madu.

2. Nanas

Nanas juga bermanfaat untuk meredakan batuk dan pilek. Pada buah ini terdapat enzim bromelain yang memiliki sifat anti inflamasi dan mukolitik (memecah lendir).

Dengan kandungan enzim tersebut, nanas menjadi buah yang cocok dikonsumsi saat menderita batuk dan pilek.

3. Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah dicerna terutama saat Anda sedang sakit. Buah ini kaya akan nutrisi dan karbohidrat yang mengandung serat larut.

Selain itu, sejenis gula alami bernama fruktan yang memiliki sifat antivirus dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh juga terdapat pada buah pisang.

Pisang bisa dimakan langsung, dibuat jus, dibuat smoothies, atau dicampur dengan makanan lain.

4. Kiwi

Kiwi mungkin terdengar aneh dalam meredakan batuk dan pilek, namun buah ini bisa membantu meringankan penyakit tersebut. Zat gizi mikro pada kiwi dapat meningkatkan imunitas sel darah merah.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian pada orang dewasa yang menderita batuk dan pilek. Telah terbukti bahwa gejala sakit tenggorokan mereka dapat diatasi dalam satu hari setelah makan kiwi.

Buah kiwi bisa dibuat jus atau dimakan langsung untuk mendapatkan nutrisinya.

5. Delima

Delima mengandung antioksidan yang mampu melawan virus dan meminimalkan gejala batuk dan pilek.

Sebagai pengobatan batuk dan pilek, buah ini bisa dibuat jus. Segelas jus delima kaya akan sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

6. buah beri

Buah beri, yaitu stroberi, blueberry, dan raspberry, memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antivirus.

Buah beri dapat dikonsumsi dengan cara diolah menjadi smoothie, salad, atau jus. Catatan, gula tidak perlu ditambahkan. Mudahnya, buah ini juga bisa dimakan langsung.

7. Ceri

Tingginya kandungan vitamin C pada buah ceri berarti buah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan kandungan nutrisinya, buah ceri dapat membantu meredakan gejala batuk dan pilek jika dimakan.

Ceri juga dapat meningkatkan kualitas tidur yang nyenyak dan nyenyak. Dengan tidur yang berkualitas, sistem imun tubuh bisa meningkat.

Buah ini bisa dimakan dengan cara dimakan langsung atau dibuat jus.

Nah, itulah daftar buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk meredakan batuk dan pilek.

Menonton video “Antri satu jam untuk jus buah segar Rp 15 ribu
[Gambas:Video 20detik]
(usn/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *