Jakarta

Rutin mengonsumsi buah dan sayur dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, ada sejumlah buah dan sayur yang disebut-sebut mampu mengobati hipertensi.

Sedikit informasi, hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah terhadap dinding arteri relatif tinggi. Oleh karena itu, hipertensi disebut juga tekanan darah tinggi.

Dilansir Mayo Clinic, jika tekanan darah tidak terkontrol maka dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun jangan khawatir, karena hipertensi bisa diatasi dengan mengonsumsi sayur dan buah tertentu. Ingin tahu? Baca lebih lanjut di artikel ini.

Buah dan Sayur Yang Dapat Mengobati Hipertensi

Mengambil dari berbagai sumber, berikut buah dan sayur yang bisa mengatasi hipertensi:

1. Bayam

Sayuran hijau ini dipercaya dapat membantu mengatasi hipertensi. Pasalnya bayam mengandung nitrat yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, bayam juga mengandung senyawa lain seperti kalsium, magnesium, potasium, dan antioksidan yang menjaga tekanan darah tetap normal.

Untuk mendapatkan manfaat lebih, cobalah mengolah bayam dengan cara direbus. Agar tidak terasa hambar, Anda bisa menambahkan sedikit garam.

2. Seledri

Dalam buku Healing Foods karya DK Publishing House, seledri merupakan sumber kumarin yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, seledri juga membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Meski umumnya sayuran ini digunakan sebagai hiasan makanan, namun ternyata seledri mengandung antikoagulan yang berfungsi mengurangi risiko penggumpalan darah dan stroke serta menurunkan kadar hormon stres.

Seledri bisa diolah menjadi jus lalu dituangkan ke dalam campuran salad. Cara lain untuk menikmati seledri adalah dengan membuat jus dan langsung meminumnya.

3. Brokoli

Bagi penderita hipertensi, usahakan untuk rutin mengonsumsi brokoli. Pasalnya brokoli mengandung mineral seperti potasium, magnesium, dan kalsium.

Nah, ketiga bahan tersebut mampu mengontrol tekanan darah. Selain itu, mineral pada brokoli mampu mengatasi kerusakan pembuluh darah di arteri.

Brokoli umumnya diolah dengan dua cara: digoreng atau direbus. Namun cara yang lebih sehat adalah dengan merebus brokoli selama 2-3 menit agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

4. Wortel

Selain baik untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga bisa mengobati hipertensi. Soalnya, wortel mengandung senyawa fenolik, seperti asam klorogenat dan asam caffeic, yang membantu mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Seperti dilansir Healthline, cara terbaik mengonsumsi wortel adalah dengan merebusnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat jus wortel dan meminumnya segar.

5. Pisang

Buah berwarna kuning ini terbukti mengandung potasium. Fungsi kalium pada buah pisang dapat mengontrol jumlah garam dalam tubuh agar tetap seimbang yang secara langsung membantu mencegah naiknya tekanan darah.

Pisang bisa diolah dengan berbagai cara seperti dibuat jus, dibuat smoothies, atau dijadikan lauk untuk oatmeal. Namun lebih praktis jika dimakan langsung.

6. Tomat

Mengutip Jurnal Stikes William Booth, tomat dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi berkat kandungan potasiumnya yang berfungsi meningkatkan ekskresi natrium dan air. Hal ini kemudian memicu penurunan volume plasma, curah jantung, tekanan perifer, dan tekanan darah.

Tomat biasanya dimakan langsung. Namun jika tidak suka, Anda bisa mengolah tomat dengan cara dijadikan jus.

7. Alpukat

Mengonsumsi alpukat secara rutin juga dapat mengobati tekanan darah tinggi. Pasalnya kandungan mineral pada buah alpukat mampu mencegah dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Kemudian, kandungan potasium pada buah alpukat berfungsi mengatur detak jantung agar tetap normal.

Alpukat bisa diolah dengan banyak cara, misalnya dibuat menjadi smoothies atau jus. Karena rasanya agak pahit, usahakan jangan menambahkan gula terlalu banyak.

8. buah beri

Ada beragam buah beri yang bagus untuk mengobati hipertensi, mulai dari stroberi, blueberry, hingga raspberry. Pasalnya buah ini mengandung senyawa flavonoid yang membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Buah beri biasanya diolah dengan cara dijadikan jus. Namun untuk sensasi menyegarkan dan menyehatkan, buah beri bisa dimakan langsung.

Inilah delapan buah dan sayur yang bisa mengatasi hipertensi. Mulai sekarang, yuk jaga pola makan dan rutin berolahraga!

Menonton video “Antri satu jam untuk jus buah segar Rp 15 ribu
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *