Jakarta

Buah kapulaga biasanya digunakan sebagai obat batuk, penurun demam, mengatasi perut kembung, dan juga sebagai bumbu masakan. Manfaat ini didapat dari berbagai nutrisi di dalamnya.

Bumbu dengan nama ilmiah Elettaria cardamomum ini mengandung protein, karbohidrat, mangan, serat, magnesium, fosfor, dan kalium. Kapulaga memiliki rasa yang pedas dan sedikit manis.

Manfaat Buah Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat kapulaga seperti dilansir South China Morning Post.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Meningkatkan Fungsi Paru-paru

Berdasarkan Journal of Health and Allied Science, kapulaga dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Hasilnya, saluran udara di paru-paru menjadi lebih rileks.

2. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Bumbu ini sudah dikenal sebagai penyegar nafas sejak zaman Mesir Kuno. Studi menunjukkan bahwa kapulaga mengandung cineole yang merupakan antiseptik ampuh untuk mengatasi gigi berlubang, bau mulut, dan penyakit gusi.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Ditulis dalam jurnal Phytotherapy Research, kapulaga memberikan perlindungan terhadap infeksi bakteri Helicobacter pylori pada tukak lambung. Buah kapulaga juga bermanfaat untuk membantu mengatasi perut kembung, sakit perut, mual, muntah, bahkan gejala maag.

Kandungan antioksidan pada kapulaga efektif melawan peradangan dan mengontrol tekanan darah. Studi menunjukkan bahwa kapulaga dapat membantu menurunkan tekanan darah menjadi normal setelah 12 minggu. Penelitian tersebut melibatkan 20 orang dewasa penderita hipertensi yang diberi 3 gram bubuk kapulaga setiap hari.

Kapulaga bisa menjadi alternatif diet para detikers, karena mengandung melatonin yang mampu meningkatkan metabolisme. Bahan ini akan membantu mempercepat pembakaran lemak dan penurunan berat badan setelah memakannya.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Setelah diuji pada hewan, antioksidan pada kapulaga mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Temuan ini memberikan harapan baru bagi inovasi kesehatan jantung manusia, melalui penelitian lebih lanjut sebelum dipasarkan.

7. Menetralkan racun dan bakteri dalam tubuh

Dilansir dari jurnal Molecules, minyak dari biji kapulaga efektif membunuh bakteri dan jamur dengan kemampuannya merusak membran sel bakteri. Studi lain dalam Journal of Pharmaceutical Science and Research menyatakan bahwa kapulaga mampu mengurangi penyumbatan hati dan membersihkan racun di dalamnya.

Tak salah jika bubuk rempah ini rupanya mempunyai kemampuan untuk menurunkan demam. Hariana dalam buku Tanaman Obat dan Khasiatnya menambahkan kapulaga juga dapat membantu menghilangkan dahak dan batuk saat demam.

9. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Dikutip dari situs Royal Deep Cardamom, ahli gizi Anju Sood mengatakan kapulaga hitam dapat membantu menyembuhkan batuk dan pilek. Bumbu ini juga menjadi alternatif alami untuk membantu mengobati masuk angin dan penyakit pernafasan tertentu.

10. Media Relaksasi

Berdasarkan penelitian ilmiah pada tahun 2011, minyak kapulaga dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk membantu tubuh rileks. Dengan kemampuannya tersebut, kapulaga mampu mengatasi rasa cemas, gelisah, bahkan susah tidur.

11. Membantu mengatasi disfungsi ereksi

Penelitian medis menunjukkan kapulaga dapat bertindak sebagai afrodisiak untuk meningkatkan hasrat seksual. Manfaat ini didapat karena kemampuan kapulaga dalam mengontrol sirkulasi darah dalam tubuh. Hasilnya, sirkulasi darah meningkat dan membantu mengatasi disfungsi ereksi pada pria.

12. Membantu penyembuhan asma

Aromaterapi kapulaga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan dan menghirup oksigen. Dijelaskan dalam jurnal Nutrient, kapulaga hijau mampu menyembuhkan asma, penyakit paru-paru bahkan bronkitis.

Kandungan fitokimia pada kapulaga mampu menurunkan risiko penyakit kanker. Penelitian pada hewan menemukan bahwa suplemen kapulaga dapat mengurangi ukuran tumor kulit dalam waktu 15 hari. Namun temuan ini memerlukan penelitian lebih lanjut dan mendalam.

14. Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Kapulaga memiliki efek anti inflamasi yang dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker, obesitas, diabetes melitus, hipertensi, pembentukan lemak pada pembuluh darah (aterosklerosis), dan hipertensi.

15. Resep Agar Awet Muda

Buah kapulaga identik dengan rahasia umur panjang dan kesehatan. Menurut Dr Ashutosh Gautam dari Cardamom Research Institute of India, teh kapulaga dapat membantu membuang racun dalam tubuh dan membersihkan metabolisme.

Manfaat kapulaga sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun bagi detikers yang mengonsumsi obat, sebaiknya periksakan terlebih dahulu ke dokter terkait untuk mendapatkan manfaat kapulaga secara maksimal.

Menonton video “Masakan Permata Tersembunyi Dekat Canggu: Bebek Goreng Lezat dengan Bumbu
[Gambas:Video 20detik]
(garis/garis)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *