Jakarta

Kalsium tidak hanya terkandung pada produk susu dan sayuran, tapi juga buah-buahan segar. Berikut 9 buah yang mengandung kalsium dan baik dikonsumsi secara rutin.

Kalsium merupakan mineral yang berperan penting dalam banyak fungsi tubuh, terutama tulang. Kalsium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, meningkatkan saraf, fungsi otot, dan metabolisme tubuh.

Beberapa buah-buahan mengandung kalsium yang tinggi, meski jumlahnya tidak sebanding dengan susu, ikan, atau kacang-kacangan. Namun, tidak ada salahnya menambah asupan kalsium secara alami dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut 9 buah tinggi kalsium yang menyegarkan:

1. Jeruk

Salah satu buah terbaik yang kaya kalsium adalah jeruk. Mengutip MedicineNet, jeruk mengandung 45 hingga 50 mg kalsium per 100 gram dan berbagai vitamin.

Selain itu, jeruk memberikan serat dan kaya akan antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Aprikot

anggur dan aprikotFoto: iStock

Aprikot kering rasanya enak dan menyehatkan. 100 gram buah aprikot umumnya mengandung sekitar 15 miligram kalsium.

Sertakan lebih banyak aprikot dalam makanan Anda dengan menambahkannya ke salad dan sereal sarapan atau nikmati saja langsung.

3. Kiwi

Mengutip NDTV Food, buah kiwi tidak hanya kaya akan vitamin C, namun kandungan kalsiumnya bermanfaat bagi tubuh. Buah tropis ini dikatakan memiliki sekitar 60 miligram kalsium.

Anda bisa mengonsumsi buah kiwi secara langsung, dibuat jus, atau dicampur dengan oatmeal untuk menu sarapan yang mengenyangkan dan menyehatkan.

4. buah beri

cara menyimpan stroberiFoto: iStock/TikTok @thekitchn

Black berry, stroberi, dan raspberry merupakan beberapa buah yang merupakan sumber kalsium yang baik. Tambahkan ke salad Anda atau makan langsung. Setiap buah diketahui mengandung lebih dari 20 miligram kalsium.

5. Pisang

Pisang sangat populer sebagai buah dengan kandungan kalsium yang tinggi. Buah ini kaya akan potasium dan merupakan buah yang mengandung karbohidrat.

Di antara sekian banyak kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, terdapat 12 miligram kalsium dalam setiap 150 gram porsi buah pisang.

6. Pepaya

Pepaya bekuFoto: iStock

100 gram pepaya mengandung 20 miligram kalsium. Pepaya dipercaya dapat melindungi terhadap risiko kanker usus besar dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, pepaya mengandung enzim bernama papain yang membantu meredakan nyeri. Anda bisa menikmati pepaya utuh atau jus.

7. Banding

Meski jumlahnya sedikit, apel juga mengandung kalsium. Dalam sebuah apel berukuran sedang atau sekitar 120 gram, terdapat kandungan kalsium sebesar 6 miligram.

8. Jambu biji

Ilustrasi jambu bijiFoto: Getty Images/iStockphoto

Jambu biji mengandung 18 mg kalsium per 100 gram porsi. Selain itu kaya akan vitamin C, likopen dan antioksidan. Buah-buahan ini membantu meningkatkan imunitas tubuh dan kaya akan asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil.

9. Pangkas

Buah plum dikenal sebagai buah yang memiliki kemampuan melawan beberapa penyakit.

Satu gelas jus plum mengandung 55 miligram kalsium. Prune dapat dimasukkan ke dalam menu makanan rutin Anda dalam bentuk buah utuh dan jus.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul 9 Buah Yang Mengandung Kalsium, Sehat dan Menyegarkan

(adr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *