Jakarta

Membuat teh celup terlihat mudah karena Anda cukup mencelupkan kantong teh ke dalam air panas. Namun jangan sampai melakukan hal sepele ini yang malah membuat rasa teh menjadi kurang enak.

Pecinta teh dapat menikmati minuman favoritnya dengan cita rasa maksimal jika diseduh dengan benar. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuat secangkir teh yang nikmat.

Bagi penggemar teh celup yang praktis, pastikan Anda menyeduhnya dengan benar. Sekilas terlihat mudah dan sederhana, namun ternyata banyak kemungkinan Anda melakukan kesalahan tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mengumpulkan Cermin Inggris (10/3/2024), seorang ahli teh mengungkapkan bahwa hal terpenting dalam menyeduh teh celup adalah cara membuang kantong teh setelah selesai diseduh.

Teh celup awalnya digunakan untuk mencicipi teh, berikut beberapa fakta menariknyaHindari menekan kantong teh karena dapat membuat rasa teh semakin pahit dan asam. Foto: Getty Images/iStockphoto/Mukhina1

Secara ilmiah, jika kantong teh di bagian samping cangkir teh ditekan menggunakan punggung sendok dengan tujuan memerasnya, pasti tehnya akan terasa tidak enak. Yang terbaik adalah membiarkan sari teh diseduh secara alami.

Semua ini karena kandungan tanin pada teh. Tanin merupakan senyawa tumbuhan yang kaya akan antioksidan dan memiliki efek anti inflamasi. Tanin inilah yang memberikan rasa pahit pada teh.

Menurut pakar teh di Ringtons Tea, cairan yang 'terperangkap' di dalam kantong teh memiliki asam tanat yang lebih tinggi dibandingkan cairan yang keluar dari kantong teh itu sendiri.

Dengan menekan kantong teh, Anda juga melepaskan lebih banyak asam tanat ke dalam teh, sehingga membuat teh terasa lebih pahit dan asam.

Namun, jika Anda lebih menyukai profil rasa teh seperti itu, Anda bisa memilihnya. Hanya para ahli teh di Ringtons Tea yang memperingatkan risiko yang mungkin timbul dari praktik menekan kantong teh, yakni merobeknya.

Cara memanfaatkan teh celup bekasCelupkan kantong teh dengan gerakan naik turun untuk mendapatkan seduhan terbaik. Foto: Getty Images

Jika kantong teh robek, daun teh di dalamnya bisa lepas dan membuat campuran teh menjadi tidak bening. “Secara keseluruhan hal ini membuat teh menjadi lebih keruh dan tentu saja secangkir teh menjadi kurang nikmat,” kata para ahli di Ringtons Tea.

Selain itu, pastikan Anda memperhatikan lama waktu Anda merendam kantong teh. Pakar teh Ed Eisler mengungkapkan, jika terlalu lama membiarkan kantong teh di dalam cangkir akan membuat aroma dan rasa teh tidak keluar.

Selain itu, teh celup tidak hanya perlu direndam saat diseduh. Disarankan untuk mencelupkan kantong teh dengan gerakan naik turun untuk menghasilkan seduhan terbaik.

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *