Jakarta

Asupan makanan saat sahur penting untuk menjaga energi tubuh selama berpuasa. Secara khusus, Anda perlu mengonsumsi makanan yang dapat menghidrasi tubuh, seperti makanan berikut ini.

Memasuki bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Mereka harus menahan diri dari makan, minum dan hal-hal lain yang membatalkan puasa dari fajar hingga terbenamnya matahari.

Karena saat berpuasa tubuh tidak diberi makanan dan minuman selama beberapa jam, penting untuk memilih makanan apa yang akan dimakan saat sahur.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Makanan yang dikonsumsi harus mengandung nutrisi penting. Diet ini mampu memberikan stamina ekstra dan menghidrasi tubuh sepanjang hari.

Dirangkum ndtv.com (11/05), berikut rekomendasi 5 makanan bergizi yang cocok disantap saat sahur:

1. Hitung

puding telur mentahTelur merupakan salah satu protein yang bisa dimakan saat sahur karena mampu menahan rasa lapar. Foto: berita sora

Telur mengandung banyak protein, mineral dan vitamin. Mengonsumsi telur saat sahur bisa membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini berkat kandungan protein dan lemaknya yang mampu membuat seseorang tidak cepat lapar.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi telur. Bisa diolah dengan berbagai sayuran atau dibuat menjadi telur dadar. Omelet bisa ditambah dengan bayam, jamur atau tomat agar lebih bergizi.

Selain diolah menjadi telur dadar, telur rebus juga bisa Anda konsumsi.

2. Ikan atau ayam

Dada ayam organik segar dengan bumbu siap dimasakDada ayam atau ikan juga enak disantap saat sahur. Foto: Getty Images/da-kuk

Jenis protein lain yang bisa dimakan adalah ikan atau ayam.

Ikan dikenal dapat meningkatkan vitalitas tubuh. Namun, jangan menggoreng ikannya. Mengonsumsi ikan goreng hanya akan membuat perut kembung. Selain itu, gorengan membuat tenggorokan semakin berserat dan membuat haus.

Anda bisa mengonsumsi jenis ikan seperti sarden, tuna, dan salmon. Ikan juga bisa diolah dengan cara dipanggang.

Selain itu, ayam juga bisa disantap saat sahur. Ayam memiliki nutrisi yang mampu memberikan energi sepanjang hari. Agar nutrisinya didapat secara maksimal, ayam bisa disantap bersama sayuran.

Saran makanan sehat lainnya untuk sahur bisa dilihat di halaman selanjutnya!

Menonton video “Ahli Gizi Tidak Merekomendasikan Sahur Menggunakan Mie
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *