Jakarta

Umat ​​Islam yang ingin membeli kurma perlu berhati-hati karena ada pula yang berasal dari Israel. Berikut daftar merek dan cara memeriksanya.

Penting bagi umat Islam untuk menghindari kurma asal Israel karena Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru saja menegaskan bahwa kurma Israel haram.

Ketua Hubungan Luar Negeri dan Kerja Internasional MUI, Sudarmoto meminta umat Islam di Indonesia tidak membeli kurma Israel. Kalau ada kurma Israel, jangan dibeli, katanya di kantor MUI, Jakarta, Minggu (10/3).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kurma sendiri dikenal sebagai buah yang banyak tumbuh di Timur Tengah termasuk Israel. Negara Zionis ini dikenal sebagai penghasil kurma medjool terbesar di dunia.

Pedagang kurma melayani pembeli di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (8/7/2013).  Memasuki bulan Ramadhan, para pedagang mengaku pendapatannya meningkat dua kali lipat.  Buah-buahan khas Timur Tengah yang ditawarkan bervariasi harganya antara 35.000-300.000 ribu rupiah.  File/detikFoto.Peringatan! Ada kurma yang berasal dari Israel. Foto: Grandyos Zafna

Selain Medjool, Israel juga memproduksi kurma jenis lain seperti Deglet Noor dan Barhi.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghindari daftar merek kurma Israel ini. Menghindari kurma dari Israel adalah salah satu cara Anda dapat berkontribusi melawan kekejaman yang dilakukan negara Zionis terhadap Palestina.

Berikut daftarnya, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tanggal Bintang
2. Kurma medjoul
3. Sungai Yordan
4. Bagus Bagus
5. Karmel Agrexco
6. Memiliki klaim
7. Syam
8. Bomaja
9. Berlian Gurun
10. Delilah
11. Delilah
12. Pelat Kota
13. Kacang Tulus
14.Edeka
15. Anna & Sarah
16. Galilea
17. Ventura
18. Nava Segar
19.Bomaja
20. Medjoul Mewah
21. Makanan Seumur Hidup
22. Kalahari
23. Peternakan Karsten
24. Harta Karun Kerajaan
25. Tamara Barhi
26. Raja Kurma
27. Telapak tangan
28. Pelayan
29. Raja Salomo
30. Medjol Ditambah

Beberapa di antaranya saat ini masih tersedia di beberapa platform e-commerce Indonesia.

Kurma, umat muslim pasti tahu buah yang satu ini.  Buah yang menjadi makanan Nabi Muhammad ini menjadi favorit di bulan Ramadhan.Berikut cara mengeceknya agar tidak tertipu. Foto: Pradita Utama

Bagaimana cara memeriksa tanggal Israel

Mengutip laman Boikot, Divestasi, dan Sanksi Australia, berikut cara mengecek tanggal Israel:

1. Periksa paket dan periksa tanggal negara asal. Beberapa kurma memang diproduksi di Israel.
2. Periksa kode batangnya. Hindari produk apa pun dengan barcode yang dimulai dengan 729. Nomor ini adalah nomor seri Israel.
3. Lihatlah beberapa produk kurma dengan merek ekspor Israel seperti King Solomon, King Medjool, Medjool Plu, Jordan River, dan Bahri.
4. Israel terkenal dengan kurma Medjool. Namun tidak semua jenis kurma diproduksi di Israel. Periksa kembali identitas kurma Medjool yang Anda beli menggunakan informasi pada kemasan.
5. Catat juga tanggalnya tanpa informasi yang jelas tentang perusahaan pembuat dan negara asal. Hindari kurma yang dikemas seperti ini untuk menghindari trik produsen Israel untuk menipu pembeli.
6. Biasanya harga kurma Israel lebih murah karena disubsidi pemerintah.

Kurma sendiri menjadi salah satu makanan yang selalu dicari di bulan Ramadhan. Kurma sering disantap saat sahur atau berbuka puasa.

Namun, umat Islam juga disarankan untuk membatasi asupan kurma karena kandungan gulanya yang tinggi. Dua buah kurma berukuran besar biasanya mengandung 37 gram gula pasir.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul “Jangan Asal Beli, Ini Daftar 30 Merek Kurma Israel dan Cara Mengeceknya”

Menonton video “Masjid Syahid Yogyakarta Siapkan 30 Menu Puasa Selama Ramadhan
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *