Jakarta

Umat ​​Islam hendaknya menghindari mengencani Israel sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina. Agar Anda tidak salah membeli kurma, berikut 5 cara mudah membedakan kurma Israel dengan produk kurma lainnya.

Di tengah perang yang sedang berlangsung di Gaza, Palestina, seruan untuk tidak membeli dan memakan kurma Israel semakin populer. Majlis Ulama Indonesia (MUI) juga mengimbau umat Islam untuk tidak makan kurma Israel.

“Kalau ada kurma Israel jangan dibeli,” kata Ketua Hubungan Luar Negeri dan Kerja Internasional MUI Sudarmoto di kantor MUI, Jakarta, Minggu (10/3).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Himbauan untuk tidak membeli kurma Israel tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 83 tentang Hukum Mendukung Palestina. Salah satu fatwa tersebut mengimbau umat Islam di Indonesia untuk tidak membeli produk dari Israel.

Sayangnya, kurma memiliki penampilan yang sangat mirip satu sama lain. Namun, umat Islam tidak perlu khawatir karena ada cara mudah membedakan kurma Israel dengan produk kurma lain yang ada di pasaran.

Mengutip laman Boikot, Divestasi dan Sanksi Australia, berikut ini antara lain:

1. Periksa barcode pada paket

Salah satu cara untuk mengecek tanggal Israel adalah dengan mengecek barcode yang biasanya tertera pada kemasan.

Hindari produk apa pun dengan kode batang yang dimulai dengan 729. Nomor ini adalah nomor seri Israel yang menunjukkan perusahaan tersebut berlokasi di Israel.

2. Perhatikan merek kurma ekspor Israel

Jelang Ramadhan, penjualan kurma di Pasar Tanah Abang meningkat, Rabu (6/3/2024).Peningkatan penjualan ini terjadi di tengah seruan boikot kurma Israel.Hati-hati dengan kurma merek impor, jangan pilih yang diekspor Israel. Foto: Pradita Utama

Perhatikan beberapa produk kurma dengan merek ekspor Israel seperti King Solomon, King Medjool, Jordan River dan Bahri. Pantauan CNNIndonesia.com, beberapa merek di atas masih tersedia di e-commerce Tanah Air.

3. Perhatikan bentuk kurmanya

7 Jenis Kurma Selain Medjool dan Ajwa, Tak Kalah Istimewanya!Bentuk tanggal juga harus diperhatikan dengan cermat. Foto: Jakarta

Israel dikenal sebagai salah satu produsen kurma Medjool terbesar di dunia. Kurma medjool sendiri mempunyai tampilan fisik yang sedikit berbeda dengan kurma lainnya.

Kurma medjool biasanya tersedia dalam ukuran lebih besar dan warna lebih gelap. Daging buahnya juga tebal dengan biji yang cenderung kecil.

Namun tidak semua kurma Medjool diproduksi di Israel. Beberapa negara lain juga dikenal sebagai produsen kurma Medjool, seperti Yordania, Palestina, Maroko, Iran, dan Arab Saudi.

4. Hindari kurma yang produsennya tidak jelas

7 Jenis Kurma Selain Medjool dan Ajwa, Tak Kalah Istimewanya!Hindari membeli kurma yang produsennya tidak jelas asalnya. Foto: Jakarta

Anda juga disarankan untuk memperhatikan tanggal tanpa informasi yang jelas mengenai perusahaan manufaktur dan negara asal. Hindari kurma yang dikemas seperti ini untuk menghindari trik produsen Israel untuk menipu pembeli.

5. Harga lebih murah

Kurma asal Israel biasanya lebih murah dibandingkan jenis kurma lain yang ada di pasaran. Pasalnya, pemerintah Israel mensubsidi hal tersebut.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul “Jangan terkecoh, berikut 5 cara membedakan kurma Israel dengan kurma lainnya”

Menonton video “Perayaan Datangnya Ramadhan di Demak
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *